Gubernur Lemhannas RI Menerima Audiensi KADIN Indonesia

Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia (Lemhannas RI) Andi Widjajanto menerima audiensi pengurus Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) bertempat di Ruang Tamu Gubernur Lemhannas RI pada Selasa, 1 Maret 2022. 

Lemhannas RI dan KADIN Indonesia sudah memiliki Nota Kesepahaman periode 2021-2026. Untuk itu,  pihak KADIN Indonesia melihat lebih banyak hal yang dapat disinkronkan antara kedua institusi. “Nota kesepahamannya masih berlaku kalau dari sisi jangka waktu. Namun, ada pemikiran yang baru. Maka kemungkinan ada pemikiran-pemikiran baru yang bisa kita perbaharui masuk ke dalam nota kesepahaman kita,” kata pihak KADIN Indonesia.

Pihak KADIN Indonesia juga menyampaikan bahwa pada struktur KADIN Indonesia yang baru terdapat bidang khusus, yakni Bidang Hubungan dengan Lemhannas RI. Bidang tersebut berada dibawah Badan Hubungan Penegakan Hukum KADIN Indonesia. Tujuan dibentuknya bidang tersebut adalah guna merawat kerjasama antara dua instansi.

“Dari tim yang ada di Bidang Hubungan KADIN Indonesia dengan Lemhannas RI diharapkan ada kerja untuk mempelajari kajian-kajian strategis ke depan dalam bidang usaha. Supaya target 2045 bisa in line semuanya apa yang dipikirkan dengan KADIN Indonesia sebagai pelaku,” ujar pihak KADIN Indonesia.

Gubernur Lemhannas RI, Andi Widjajanto memberi masukan pada setiap awal tahun dapat dilakukan diskusi antara kedua institusi untuk memutuskan fokus kepada satu isu untuk didiskusikan. Beberapa isu yang mungkin dapat diangkat adalah isu energi, isu pangan, isu ekonomi hijau, atau isu ekonomi biru. Hal lain yang dinilai menarik didiskusikan antara Lemhannas RI dengan KADIN Indonesia adalah mengkaji Ibu Kota Negara. “Akan bagus sekali kalau misalnya nanti kita buat kertas kerja Lemhannas RI dan KADIN Indonesia,” kata Gubernur Lemhannas RI.

Turut hadir dalam audiensi tersebut Kepala Biro Kerja Sama dan Hukum Lemhannas RI Brigjen TNI (Mar) Purwadi, M.Tr(Han), dan Kepala Biro Humas Lemhannas RI Brigjen TNI A. Yudi Hartono, S.Sos., M.M., M.Han. Dari pihak KADIN, turut hadir Sekretaris Badan Hubungan Penegakan Hukum, Pertahanan, dan Keamanan KADIN Indonesia Junaidi Elvis, Wakil Kepala Badan Hubungan Penegakan Hukum KADIN Indonesia Reginald FM Engelen, Kepala Hubungan KADIN dengan Lemhannas RI Amran Nukman, Wakil Kepala Hubungan KADIN Indonesia dengan Lemhannas RI Indra Yuwana, dan Wakil Kepala Hubungan KADIN Indonesia dengan Lemhannas RI Dian Natalia.



Hak cipta © 2024 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749