Program Pendidikan Reguler Angkatan 63 Lemhannas RI Resmi Dibuka

“Tingkat komitmen para Peserta PPRA 63 selaku kader-kader pimpinan tingkat nasional akan memberi pengaruh besar dalam menentukan keberhasilan para peserta memahami intisari pendidikan di Lemhannas RI,” kata Plt. Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia (Lemhannas RI) Marsdya TNI Wieko Syofyan. Hal tersebut disampaikan dalam Pembukaan Program Pendidikan Reguler Angkatan (PPRA) 63 bertempat di Gedung Dwi Warna Purwa pada Selasa, 18 Januari 2022.

“Proses belajar-mengajar di Lemhannas RI bukan untuk bersaing dengan rekan sesama peserta, tetapi setiap individu diberi tantangan untuk berlomba dengan diri sendiri,” ujar Plt. Gubernur Lemhannas RI. Lebih lanjut, Plt. Gubernur Lemhannas RI menekankan kepada seluruh peserta bahwa program pendidikan di Lemhanas RI berfungsi untuk membentuk pemimpin tingkat nasional serta mempertajam dan meningkatkan kapasitas serta efektifitas kepemimpinan para peserta. Hal tersebut dapat dicapai melalui kompetensi peserta dalam memformulasikan kebijakan nasional yang diperlukan secara fungsional.

Plt. Gubernur Lemhannas RI juga menyampaikan bahwa kehadiran para peserta dalam PPRA 63 diharapkan dapat memotivasi untuk meningkatkan kualitas kepemimpinan masing-masing. Oleh karena itu, setiap peserta diharapkan dapat menjalankan peran sebagai peserta pendidikan yang bertanggung jawab, bukan semata-mata hanya mengejar formalitas pendidikan di Lemhannas RI. “Keberadaan para Peserta di Lemhannas RI, harus disertai dengan tekad untuk melakukan revolusi mental serta transformasi sikap dan perilaku yang mencerminkan sosok kader pimpinan tingkat nasional dengan kualitas karakter kebangsaan yang kuat,” ujat Plt. Gubernur Lemhannas RI.

PPRA 63  akan dilaksanakan selama 7 bulan, yakni dibuka pada Selasa, 18 Januari 2022 dan direncanakan ditutup pada Selasa, 16 Agustus 2022. Deputi Pendidikan Pimpinan Tingkat Nasional Mayjen TNI Sugeng Santoso, S.I.P. dalam laporannya menyampaikan bahwa PPRA 63 diikuti sebanyak 100 peserta. Peserta tersebut berasal dari berbagai latar belakang, yakni 7 peserta dari Lembaga Negara, 7 peserta dari kementerian, 4 peserta dari pemerintah provinsi, 6 peserta dari partai politik, 2 peserta dari DPRD, 9 peserta dari organisasi masyarakat, 3 peserta dari LLDIKTI, 4 peserta dari perseroan terbatas, 40 peserta dari TNI, dan 18 peserta dari POLRI.

Pada kesempatan tersebut, Plt. Gubernur Lemhannas RI juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh peserta karena sudah mengambil peran dalam upaya pencegahan Covid-19 dengan telah melakukan vaksinasi Covid-19 sebanyak dua dosis. Namun, Plt. Gubernur Lemhannas RI juga mengingatkan bahwa perjuangan pandemi Covid-19 belum berakhir. “Saya mengajak kita semua untuk mendukung program pemerintah dalam menghentikan penyebaran virus Covid-19 dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan sehingga dapat menghentikan rantai penularan,” kata Plt. Gubernur Lemhannas RI menutup sambutannya. (NA/CHP)



Hak cipta © 2024 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749