Plt. Gubernur Lemhannas RI: Tingkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia yang Tangguh dan Berkarakter Indonesia

“Kita harus senantiasa meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang tangguh dan berkarakter Indonesia,” kata Plt. Gubernur Lemhannas RI Marsdya TNI Wieko Syofyan. Hal tersebut disampaikan dalam Upacara Pembukaan Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan bagi Alumni ToBe Institute (Yayasan Pendidikan Indonesia Raya Bersatu) Tahun 2022 Lemhannas RI pada Senin (17/01).

Kegiatan tersebut mengangkat tema “Implementasi Nilai-Nilai Kebangsaan yang Bersumber dari Empat Konsensus Dasar Bangsa guna Meningkatkan Kualitas Kehidupan Bermasyarakat, Berbangsa dan Bernegara”. Oleh karena itu, dirasa kegiatan tersebut sangat tepat diberikan untuk menyamakan persepsi, membekali, dan meningkatkan pemahaman terkait dengan nilai-nilai kebangsaan yang bersumber dari empat konsensus dasar bangsa.

“Dengan berbagai upaya kita harus terus mendorong peningkatan kualitas sumber daya manusia Indonesia terutama pada kalangan generasi muda sebagai penerus bangsa yang diharapkan akan dapat mewujudkan visi Indonesia Emas 2045,” ujar Plt. Gubernur Lemhannas RI. Menurut Plt. Gubernur Lemhannas RI, hal tersebut dapat terwujud apabila setiap elemen bangsa memiliki kesadaran berbangsa dan bernegara yang kuat, sehingga memiliki visi yang sama yaitu untuk kemajuan bangsa.

Sejalan dengan hal tersebut, Yayasan Pendidikan Indonesia Raya Bersatu memiliki komitmen kuat untuk turut memajukan bangsa Indonesia dari aspek sumber daya manusia, sehingga perlu didukung oleh pemahaman nilai-nilai kebangsaan. Oleh karena itu, pelaksanaan Taplai bagi Alumni ToBe Institute (Yayasan Pendidikan Indonesia Raya Bersatu) juga merupakan bentuk tanggung jawab moral untuk turut serta dalam upaya mengatasi berbagai persoalan bangsa dalam menghadapi persaingan global yang semakin ketat.

“Adanya bekal, persepsi, dan pemahaman yang sama terkait wawasan dan nilai-nilai kebangsaan, diharapkan mampu memberikan kontribusi positif sesuai dengan peran masing-masing,” kata Plt. Wakil Gubernur Lemhannas RI.

Pada kesempatan tersebut, Ketua Yayasan Pendidikan Indonesia Raya Bersatu (YPIRB) Dodi Rustandi menyampaikan keberadaan ToBe Institute (YPIRB) di tengah masyarakat adalah untuk membantu pemerintah dalam menguatkan karakter bangsa, berkaitan dengan menyongsong Indonesia menuju negara maju di 2045.

Saat ini, ToBe Institute (YPIRB) berpijak dalam pengembangan karakter berdasarkan konsep kepribadian. Dengan adanya kesempatan mengikuti Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan, ToBe Institute (YPIRB) bertekad untuk meningkatkan kemampuan, agar tidak hanya kuat secara karakter diri tapi juga kuat secara karakter nilai-nilai kebangsaan.

“Dalam tahapan tahun-tahun yang akan datang, kami ingin mengantarkan peran serta kami untuk bisa menjadi objek perubahan di masyarakat yang turut serta memantapkan nilai-nilai kebangsaan,” kata Ketua YPIRB.

Sebanyak 84 alumni ToBe Institute (Yayasan Pendidikan Indonesia Raya Bersatu) mengikuti Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan Lemhannas RI. Dibuka pada Senin, 17 Januari 2022, kegiatan tersebut akan dilaksanakan selama 7 hari dan kemudian ditutup pada Minggu, 23 Januari 2022. Kegiatan tersebut akan membekali para peserta dengan materi yang berkaitan dengan nilai-nilai kebangsaan yang bersumber dari empat konsensus dasar bangsa dan paradigma nasional. (NA/CHP)

 



Hak cipta © 2024 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749