Penyerahan Memorandum Akhir Jabatan Gubernur Lemhannas RI Periode 2016-2022 Kepada Plt. Gubernur Lemhannas RI

Pada Rabu, 12 Januari 2021, Presiden RI Joko Widodo melantik Gubernur Lemhannas RI periode 2016-2022 Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo menjadi Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (Dubes LBBP) untuk Republik Filipina merangkap Republik Kepulauan Marshall dan Republik Palau.

Sebelumnya, Presiden RI juga mengeluarkan Keputusan Presiden Nomor 3/P Tahun 2022 tanggal 11 Januari 2022 tentang Pemberhentian dan Penunjukkan Pelaksana Tugas Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia. Dalam Keppres Nomor 3/P Tahun 2022 tersebut, juga tertuang penunjukan Wakil Gubernur Lemhannas RI Marsdya TNI Wieko Syofyan sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Lemhannas RI sampai dengan diangkatnya Gubernur Lemhannas RI definitif.

Menindaklanjuti hal tersebut, Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo menyerahkan Memorandum Akhir Jabatan Gubernur Lemhannas RI Periode 2016 – 2022 kepada Plt. Gubernur Lemhannas RI Marsdya TNI Wieko Syofyan bertempat di Ruang Nusantara II, Lemhannas RI, pada 13 Januari 2022.

“Dukungan dan kolaborasi yang disertai komitmen kolektif seluruh jajaran Lemhannas RI, mulai dari pejabat struktural, fungsional hingga anggota, akan menjadi penentu keberhasilan Lemhannas RI dalam menjawab tantangan tugas ke masa depan,” kata Gubernur Lemhannas RI periode 2016-2022 Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo. Menyoroti hal tersebut, Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo meyakini Lemhannas RI akan dapat mempertahankan reputasi sekaligus meningkatkan prestasinya.

“Tidak ada hasil kerja yang tidak diawali dari langkah pertama dan tidak ada hasil besar sebuah tujuan bersama (seperti di Lemhannas RI), yang tidak dihasilkan melalui sebuah kerja sama yang memadukan keterampilan berbagai pihak serta kemauan untuk berbagi kerja,” ujar Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo. Mencermati hal tersebut, Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo meyakini kesuksesan hasil kerja Lemhannas RI akan terus berlanjut karena manajemen kerja yang baik di Lemhannas RI yang dipimpin Plt. Gubernur Lemhannas RI Marsdya TNI Wieko Syofyan selaku Wakil Gubernur Lemhannas RI dan Komjen Pol. Drs. Purwadi Arianto, M.Si. selaku Sekretaris Utama Lemhannas RI.

Pada kesempatan tersebut, Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo menyampaikan terima kasih kepada segenap personel Lemhannas RI. Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo  juga menyampaikan apresiasi yang tinggi atas kerja sama, pengabdian, loyalitas, dan kebersamaan yang telah ditunjukkan seluruh jajaran Lemhannas RI dan para pemangku kepentingan lainnya.

Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo juga berpesan agar seluruh personel Lemhannas RI tetap menjaga dan memperkokoh jiwa korsa, semangat kebersamaan, dan semangat gotong royong agar terus mampu berkontribusi bagi terselenggaranya tugas, fungsi, dan peran Lemhannas RI dalam memelihara persatuan nasional.

“Kinerja Lemhannas RI, selama berada di bawah kepemimpinan Bapak Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo, yakni tahun 2016-2022 berjalan dengan baik, dengan berbagai capaian dan prestasi yang membanggakan,” kata Plt. Gubernur Lemhannas RI Marsdya TNI Wieko Syofyan.

Plt. Gubernur Lemhannas RI memandang Lemhannas RI di bawah kepemimpinan Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo terus berupaya meningkatkan kinerja di tengah kondisi pemerintahan yang dinamis. Menurut Plt. Gubernur Lemhannas RI, di bawah kepemimpinan Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo, Lemhannas RI juga terus melakukan peningkatan Sumber Daya Manusia menjadi SDM yang unggul, berperan lebih maksimal dalam melayani publik, mengembangkan kolaborasi dengan instansi lainnya, dan tidak menjadi lembaga yang eksklusif.

Mengakhiri sambutannya, Plt. Gubernur Lemhannas RI menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo atas pengabdian dan bimbingan yang selama ini diberikan. “Capaian prestasi Lemhannas RI selama kepemimpinan bapak akan menjadi motivasi bagi seluruh keluarga besar Lemhannas RI untuk memberikan pengabdian yang terbaik untuk kemajuan Lemhannas RI, bangsa dan negara,” kata Plt. Gubernur Lemhannas RI menutup sambutannya.

Dalam memorandum tersebut tertuang beberapa hal, salah satunya adalah capaian Lemhannas RI di bawah kepemimpinan Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo dalam berbagai bidang. Berbagai capaian tersebut di antaranya adalah, pertama, Lemhannas RI telah melaksanakan Program Pendidikan Reguler Angkatan (PPRA), Program Pendidikan Singkat Angkatan (PPSA), dan Program Pendidikan Pimpinan Daerah Angkatan (P3DA). Sepanjang tahun 2016 – 2022, total lulusan yang dihasilkan sejumlah 1.194 orang. Kedua, total peserta yang telah mengikuti Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsan sejumlah 6.351 peserta dari berbagai komponen bangsa. Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan dilakukan Lemhannas RI menjangkau seluruh komponen bangsa yang memiliki latar belakang pendidikan dan profesi  berbeda-beda, seperti kalangan birokrat, akademisi, tokoh agama, tokoh  masyarakat, tokoh pemuda, pengusaha, pondok pesantren, dokter, pegawai BUMN, dan unsur media. Ketiga, sepanjang 2016 hingga 2022, capaian kajian Lemhannas RI berjumlah 48 kajian. Pengkajian strategis ditujukan untuk memberikan masukan kepada pemerintah pusat/daerah dan kementerian/lembaga nasional yang bersifat konsepsional mengenai berbagai permasalahan nasional, regional, dan internasional guna menjamin keutuhan dan tetap tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Capaian keempat, yaitu penyelenggaraan Pengukuran Ketahanan Nasional. Pada tahun 2016 – 2021, telah dilakukan pengukuran ketahanan nasional di 34 Provinsi di Indonesia. Data hasil pengukuran ketahanan nasional digunakan sebagai peringatan dini terhadap ketahanan daerah maupun nasional akibat adanya Ancaman, Gangguan, Hambatan dan Tantangan (AGHT). Selanjutnya, capaian kelima, Lemhannas RI berhasil meraih opini BPK, yaitu Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) selama lima tahun berturut-turut. Wajar Tanpa Pengecualian adalah opini audit yang akan diterbitkan jika laporan keuangan dianggap memberikan informasi yang bebas dari salah saji material.

Capaian keenam yang diraih Lemhannas RI adalah terkait Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (AKIP) Lemhannas RI. Pada tahun 2021, capaian Nilai SAKIP Lemhannas RI adalah 62,31. Hasil evaluasi AKIP tahun 2020 Lemhannas RI menunjukkan tingkat efektivitas dan efisiensi penggunaan anggaran Lemhannas RI menunjukkan hasil yang cukup baik. Ketujuh, Survei Penilaian Integritas yang dilaksanakan secara online oleh KPK, menempatkan Lemhannas RI pada peringkat kedua dengan perolehan capaian indeks 88,05 untuk kategori Lembaga Non Kementerian. Kedelapan, capaian evaluasi reformasi birokrasi Lemhannas RI mendapat nilai 67,31. Capaian evaluasi reformasi birokrasi merupakan penilaian kemajuan program reformasi birokrasi dalam rangka mencapai sasaran yaitu mewujudkan birokrasi yang bersih dan akuntabel, birokrasi yang efektif dan efisien, serta birokrasi yang mampu memberikan pelayanan bagi publik. Capaian terakhir, Lemhannas RI berhasil meraih kualifikasi menuju informatif, kategori lembaga negara dan lembaga pemerintah non kementerian dalam Anugerah Keterbukaan Informasi Publik Tahun 2021 dengan nilai 81,87. Sebelumnya, selama 3 tahun berturut-turut, Lemhannas RI berada pada kualifikasi cukup informatif dan tahun 2021 berhasil meningkatkan diri menjadi menuju informatif.

Turut hadir pada kegiatan tersebut Sekretaris Utama Lemhannas RI, Deputi Bidang Pendidikan Pimpinan Tingkat Nasional Lemhannas RI, Deputi Bidang Pengkajian Strategik Lemhannas RI, Deputi Bidang Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan Lemhannas RI, Plt. Ketua Perista Lemhannas RI, Pengurus Perista Lemhannas RI, Wakor Tenaga Profesional Lemhannas RI, Wakor Tenaga Ahli Pengkaji Lemhannas RI, Wakor Tenaga Ahli Pengajar Lemhannas RI, dan Para Kepala Biro Lemhannas RI. (NA/CHP)



Hak cipta © 2024 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749