Gubernur Lemhannas RI: Kita Tidak Bisa Tidak Terpengaruh oleh Perkembangan Dunia

“Globalisasi menyebabkan batas-batas antarnegara itu pudar,” kata Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia (Lemhannas RI) saat memberikan pengantar pimpinan kepada Peserta Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan kepada Pimpinan dan Manajemen PT Summarecon Agung Tbk. Gelombang 2 pada Rabu (27/10).

Lebih lanjut Gubernur Lemhannas RI menjelaskan bahwa batas-batas yang dimaksud bukanlah batas-batas geografis, tetapi batas-batas kedaulatan dalam rangka pengaruh dari suatu negara terhadap negara lain yang masuk melintasi batas negara tersebut. Menurut Gubernur Lemhannas RI, batas-batas tersebut sulit ditutup secara absolut total. “Kita tidak bisa terisolasi dan tidak terpengaruh oleh perkembangan atau dinamika yang berada di luar batas wilayah kita,” ujar Gubernur Lemhannas RI.

Bangsa Indonesia juga menghadapi geopolitik dengan berbagai tantangan yang salah satunya adalah pandemi Covid-19. Dalam menghadapi geopolitik, Gubernur Lemhannas RI memandang bahwa bangsa Indonesia perlu menyiapkan diri dan perlu mempersiapkan kebijakan-kebijakan pemerintah. Oleh karena itu, diharapkan seluruh elemen dapat berjalan dengan teratur sesuai dengan antisipasi dan perkiraan dari perencana kebijakan yang ada di dalam pemerintahan.

Pada kesempatan tersebut, Gubernur Lemhannas RI juga menyampaikan mengenai bela negara. Gubernur Lemhannas RI menjelaskan bahwa sering kali banyak orang yang tergelincir antara pengertian bela negara dengan pertahanan negara. Nilai-nilai dasar dalam bela negara terdiri dari cinta tanah air, sadar berbangsa dan bernegara, yakin pada Pancasila sebagai ideologi negara, rela berkorban untuk bangsa dan negara, dan memiliki kemampuan awal bela negara. “Hanya 20% dari bela negara yang bersifat militer, yaitu memiliki kemampuan awal bela negara,” tutur Gubernur Lemhannas RI. Nilai-nilai dasar cinta tanah air, sadar berbangsa dan bernegara, yakin pada Pancasila sebagai ideologi negara, dan rela berkorban untuk bangsa dan negara bersifat untuk seluruh warga negara dan bersifat non militer.



Hak cipta © 2024 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749