Lemhannas RI Menerima Audiensi dari Himpunan Masyarakat Karo Indonesia

Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia, Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo, menerima audiensi dari Himpunan Masyarakat Karo Indonesia (HMKI) pada Jumat (24/9). Rombongan HMKI dipimpin oleh Penasihat HMKI, Letjen TNI (Purn) Amir Sembiring, dan didampingi Sekretaris Jenderal HMKI Arnis Ginting, Juru Bicara HMKI, Dr. Ernalem Bangun, dan Anggota HMKI Mohammad Dalwan Ginting.

Mewakili Ketua Umum HMKI, Penasihat HMKI, Letjen TNI (Purn) Amir Sembiring, menyampaikan terima kasih atas waktu audiensi yang diberikan. Lebih lanjut Amir menyampaikan bahwa tujuan audiensi tersebut untuk meminta arahan terkait kerja sama dalam program-program kerja yang dapat dijalin dan peluang anggota HMKI bisa menerima pendidikan dan pembekalan tentang wawasan kebangsaan dari Lemhannas RI. “Mohon petunjuk ada waktunya tokoh-tokoh Lemhannas RI bisa memberikan ceramah kepada HMKI mengenai wawasan kebangsaan, kami siap,” kata Amir.

Juru Bicara HMKI, Dr. Ernalem Bangun, menyampaikan bahwa dengan adanya erupsi Gunung Sinabung, banyak masyarakat yang harus tinggal di pengungsian. Sementara itu, pengungsian biasanya diutamakan bagi pengungsi perempuan serta anak-anak dan hal tersebut membuat pengungsi laki-laki biasanya berkumpul-kumpul. Guna mencegah kegiatan berkumpul tersebut ke arah negatif, dirasa dibutuhkan pembekalan mengenai kebangsaan.

Gubernur Lemhannas RI, Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo, menyetujui dan merasa tujuan audiensi tersebut bukan hal yang sulit. Agus mengarahkan agar HMKI dapat mengajukan dengan bersurat ke Lemhannas RI. “Seperti diketahui di sini bukan sekolah untuk perseorangan, jadi ajukan saja oleh organisasi untuk menjadi calon peserta. Nanti kalau kami adakan seleksi,” kata Agus. Terkait dengan pemberian pembekalan, Agus menyampaikan bahwa dapat diajukan dengan surat dan menyertakan materi yang diharapkan diberikan dan jika memang dalam jumlah besar, anggota HMKI dapat direncanakan untuk mendapatkan pembekalan Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan.

Turut hadir dalam audiensi tersebut Deputi Bidang Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan Lemhannas RI, Laksda TNI Prasetya Nugraha, S.T., M.Sc., serta Kepala Biro Kerja Sama dan Hukum Laksma TNI Sri Widodo, S.T., CHRMP.



Hak cipta © 2024 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749