Olah Sismennas Pertama PPSA 23 Resmi Ditutup

Setelah dibuka pada Selasa (21/9), Olah Sismennas ke-1 PPSA 23 Lemhannas RI resmi ditutup pada Jumat (24/9). Direktur Operasional Pendidikan Lemhannas RI Marsma TNI Maman Suherman, M.A.P. menyampaikan bahwa pelaksanaan Olah Sismennas PPSA 23 telah berjalan dengan baik dan lancar, secara substansi pelaksanaan telah sesuai dengan tujuan dan sasaran yang diharapkan. Namun, harus diakui bahwa masih diperlukan perbaikan-perbaikan yang harus dilakukan bersama-sama.

Lebih lanjut Maman menyampaikan pelaksanaan Olah Sismennas tersebut telah memberi pengalaman dan pelatihan kepada peserta dalam kapasitasnya sebagai aparatur negara dalam penyelenggaraan pemerintahan, khususnya untuk merumuskan kebijakan secara terpadu yang berskala nasional dan bersifat strategis guna menyikapi berbagai dinamika dari berbagai aspek kehidupan bangsa sebagai tantangan ketahanan nasional.

“Saya meyakini bahwa para Peserta PPSA 23 telah mendapatkan gambaran dan pemahaman yang semakin jelas tentang dinamika, maupun mekanisme perumusan kebijakan pembangunan nasional dan proses pengambilan keputusan terkait kebijakan publik pada tataran tingkat nasional,” kata Deputi Bidang Pendidikan Pimpinan Tingkat Nasional Mayjen TNI Sugeng Santoso, S.I.P.

Lebih lanjut Sugeng menyampaikan bahwa dengan asumsi keadaan dan substansi materi yang mencerminkan situasi yang sedang berkembang, maka ukuran keberhasilan Olah Sismennas tersebut dapat ditinjau dari beberapa aspek. Pertama, yaitu kemampuan peserta menganalisis dan mengadaptasi perkembangan situasi. Kedua, penyesuaian terhadap cara berpikir dan cara bertindak yang tepat. Ketiga, yakni tingkat keterpaduan pada analisis, perumusan kebijakan, dan implementasi tiap-tiap kementerian yang diperankan dalam menghasilkan produk-produk yang strategis dan berkualitas serta implementatif. Keempat, koordinasi dan kerja sama yang terpadu antarkementerian yang diperankan merupakan gambaran logis dalam upaya menggerakkan partisipasi segenap komponen bangsa dalam rangka menyikapi dinamika sosial, budaya, dan ekonomi sebagai tantangan ketahanan nasional.

Sugeng menilai para peserta telah menunjukkan upaya terbaik dalam menyelesaikan tugas dan peran yang diberikan selama pelaksanaan kegiatan Olah Sismennas. Hal tersebut dapat dilihat dari reaksi peserta menyikapi dinamika dalam berbagai aspek, yaitu ekonomi, kesehatan, sosial budaya, pertahanan keamanan, serta utamanya tentang permasalahan hambatan dalam melanjutkan pembangunan nasional ditengah penyelesaian Covid-19 yang perlu dicarikan pemecahan masalahnya. “Saya yakin para peserta telah dapat memahami dinamika koordinasi lintas sektoral yang melibatkan berbagai pihak, termasuk mengakomodasikan berbagai kepentingan,” kata Sugeng.

Mengakhiri sambutannya, Sugeng menyampaikan bahwa dengan keberhasilan penyelenggaraan kegiatan Olah Sismennas tersebut, bukan berarti tidak luput dari berbagai kekurangan dan ketidaksempurnaan. Sugeng juga menegaskan bahwa dari hasil kaji ulang yang telah dilakukan, telah disepakati berbagai temuan dan kekurangan dalam penyelenggaraan Olah Sismennas PPSA 23 yang menjadi catatan Kedeputian Pendidikan Pimpinan Tingkat Nasional untuk disempurnakan sehingga pola dan mekanisme Olah Sismennas dapat menjadi lebih baik pada masa mendatang.



Hak cipta © 2024 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749