Agus Widjojo: Wawasan dan Karakter Kebangsaan Penting untuk Terus-Menerus Ditanamkan dan Ditumbuhkembangkan

Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia kembali menyelenggarakan Kegiatan Pembinaan dan Pelaksanaan Pemantapan Nilai-Nilai (Taplai) Kebangsaan serta Pelatihan Untuk Pelatih Secara Virtual. Masing-masing kegiatan akan dibagi menjadi 4 angkatan dan diikuti oleh 100 peserta pada tiap angkatan. Masing-masing kegiatan akan berlangsung selama 7 hari, dimulai dari 8 Juni 2021 hingga 24 November 2021.

“Sebagai warga bangsa yang disatukan karena perbedaan dan kemajemukan, nilai-nilai dan wawasan kebangsaan merupakan prasyarat mutlak yang harus dijaga demi tetap tegak dan utuhnya Negara Kesatuan Republik Indonesia,” kata Gubernur Lemhannas RI Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo dalam Pembukaan Kegiatan Pembinaan dan Pelaksanaan Pemantapan Nilai-Nilai (Taplai) Kebangsaan serta Pelatihan Untuk Pelatih Secara Virtual, Selasa (08/06).

Menurut Agus, kemajemukan dan keragaman suku, budaya, bahasa, etnis, golongan dan agama, di satu sisi merupakan kekayaan yang dapat menjadi kekuatan positif dalam pembangunan bangsa. Namun di sisi lain, mengandung potensi konflik yang bila tidak dikelola dengan baik dapat menjadi titik retak persatuan dan kesatuan bangsa. Hal tersebut tentu sangat perlu dipahami oleh segenap komponen bangsa termasuk para peserta pembinaan dan pelaksanaan Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan serta Pelatihan Untuk Pelatih saat ini.

“Melihat kondisi sumber daya manusia saat ini dari segi kuantitas cukup besar, namun dari segi kualitas masih banyak yang perlu untuk ditingkatkan,” kata Agus. Lebih lanjut Agus menyampaikan masih banyak kelemahan-kelemahan mentalitas dan moralitas yang perlu mendapatkan perhatian. Permasalahan yang menonjol adalah penurunan mentalitas menyangkut disiplin, budaya, etos kerja, moral, etika serta jiwa nasionalisme dan patriotisme. “Oleh karena itu, penting untuk terus-menerus ditanamkan dan ditumbuhkembangkan wawasan dan karakter kebangsaan,” tutur Agus.

Kemudian Agus juga menyampaikan terima kasih kepada panitia dan semua pihak yang mendukung kelancaran terselenggaranya kegiatan tersebut. Agus juga mengingatkan kepada para peserta dan panitia, agar dalam kegiatan tersebut senantiasa tetap menerapkan protokol kesehatan dengan sungguh-sungguh sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Sejak dipublikasikannya program Pemantapan Nilai-Nilai (Taplai) Kebangsaan serta Pelatihan Untuk Pelatih tersebut, jumlah peserta yang mendaftarkan diri melebihi jumlah yang diharapkan. Hal tersebut sangat membanggakan bagi Lemhannas RI, karena terlihat antusiasme masyarakat terhadap pelestarian nilai-nilai kebangsaan masih tinggi. “Ini merupakan suatu kehormatan bagi Lemhannas RI, karena dapat berbagi dan memberikan pencerahan kepada bapak dan ibu terkait pemahaman nilai-nilai kebangsaan,” ujar Agus.

Kegiatan tersebut akan membekali para peserta dengan materi-materi yang terkait dengan Empat Konsensus Dasar Bangsa yaitu Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, Sesanti Bhinneka Tunggal Ika dan Negara Kesatuan Republik Indonesia, serta Paradigma Nasional yaitu Wawasan Nusantara, Ketahanan Nasional, Kewaspadaan Nasional dan Kepemimpinan Nasional. Oleh karena itu, setelah mengikuti kegiatan tersebut, para peserta diharapkan memiliki kemampuan dalam memahami nilai-nilai kebangsaan yang bersumber dari Empat Konsensus Dasar Bangsa, memahami implementasi Paradigma Nasional, mampu pengaplikasian nilai-nilai kebangsaan sesuai peran masing-masing dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, serta mampu menyebarluaskan nilai­-nilai kebangsaan sesuai peran masing-masing  dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Program Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan dan Pelatihan Untuk Pelatih merupakan dua dari tiga kegiatan Lemhannas RI yang berkontribusi pada rencana kerja pemerintah (Program Prioritas Nasional). Kegiatan lainnya, yaitu Sosialisasi/Dialog Wawasan Kebangsaan. Pada Program Prioritas Nasional, Lemhannas RI berkontribusi dalam peningkatan kualitas manusia Indonesia dan kemajuan budaya yang mencerminkan kepribadian bangsa untuk pembangunan sumber daya manusia melalui program revolusi mental dan pembangunan kebudayaan.

 

 

 

 



Hak cipta © 2024 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749