Lemhannas RI Hadiri Rapat dengar Pendapat dengan Komisi I DPR RI

Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia (Lemhannas RI) Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo didampingi sejumlah pejabat Lemhannas RI menghadiri Rapat Dengar Pendapat (RDP) Lemhannas RI dan Dewan Ketahanan Nasional (Wantannas) dengan Komisi I DPR RI, Selasa (08/06). Agenda RDP tersebut adalah pembahasan Rencana Kerja Anggaran (RKA) dan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) pada Lemhannas RI dan Wantannas Tahun 2022.

“Lemhannas RI adalah Lembaga Pemerintah Non Kementerian yang mempunyai tugas dan fungsi sebagai pembina ketahanan nasional dengan menyiapkan kader dan pimpinan nasional serta komponen bangsa yang berwawasan kebangsaan melalui kegiatan pendidikan pimpinan tingkat nasional, pemantapan nilai-nilai kebangsaan, pengkajian strategik dan pengukuran ketahanan nasional,” kata Agus.

Lebih lanjut Agus menyampaikan bahwa arah kebijakan pemerintah Tahun Anggaran 2022 yang dituangkan dalam Rencana Kerja Pemerintah dan diimplementasikan pada program prioritas nasional, sesuai dengan visi misi presiden dan arahan presiden. Lemhannas RI sendiri berkontribusi pada peningkatan kualitas manusia Indonesia dan kemajuan budaya yang mencerminkan kepribadian bangsa untuk pembangunan sumber daya manusia melalui program revolusi mental dan pembangunan kebudayaan. Kontribusi Lemhannas RI pada RKP T.A. 2022 dituangkan dalam 3 kegiatan, yaitu Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan, Pelatihan Untuk Pelatih dan Sosialisasi/Dialog Wawasan Kebangsaan.

“Rencana kerja Lemhannas RI T.A. 2022 dituangkan dalam dua program, yaitu program Pembinaan Ketahanan Nasional dan Program Dukungan Manajemen,” tutur Agus. Lebih lanjut Agus menjelaskan bahwa Program Pembinaan Ketahanan Nasional dijabarkan pada kegiatan tiga kedeputian dan satu pusat laboratorium, yakni Program Pendidikan Reguler Angkatan (PPRA) 63 dan 64, Program Pemantapan Pimpinan Daerah Angkatan (P3DA) 12, Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan, Pelatihan untuk Pelatih, Dialog Wawasan Kebangsaan, 4 Kajian Jangka Panjang, 4 Kajian Urgen dan Cepat, Seminar Jakarta Geopolitical Forum, Penyusunan Buku Lemhannas RI, serta Redesiminasi dan Diseminasi Pengukuran Ketahanan Nasional di empat provinsi dan 42 Kabupaten/Kota. Dalam Program Dukungan Manajemen, Lemhannas RI akan mengimplementasikan pada 5 kegiatan layanan dan 1 kegiatan pengawasan.

Pada kesempatan tersebut, Agus menyampaikan bahwa Lemhannas RI juga mengusulkan Program Pendidikan Pimpinan Tingkat Nasional sebagai prioritas nasional guna mendukung agenda pemerintah, yaitu meningkatkan SDM yang berkualitas dan berdaya saing. Dalam menyusun rencana kerja dan anggaran, Lemhannas RI telah menyesuaikan dengan kebijakan pemerintah dan peraturan pengelolaan keuangan secara efektif dan efisien serta membuat program, kegiatan, serta proyek yang inovatif dan berguna bagi masyarakat dalam rangka meningkatkan wawasan kebangsaan. “Lemhannas RI akan selalu mendukung kebijakan pemerintah dalam percepatan pelaksanaan prioritas nasional RKP 2022 dan dilaksanakan dengan protokol kesehatan,” ujar Agus.



Hak cipta © 2024 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749