Deputi Bidang Pengkajian Strategik Lemhannas RI Bertolak ke Sulawesi Tenggara Perdalam Kajian Hilirisasi Mineral dan LTJ

Setelah mengunjungi Lokus Kalimantan Barat pada bulan Maret dan Lokus Bangka Belitung pada bulan April, Tim Deputi Bidang Pengkajian Strategik Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia (Lemhannas RI) bertolak ke Lokus Sulawesi Tenggara pada 7 sampai 9 Juni 2021 dalam rangka mengumpulkan data dan fakta guna penulisan Kajian Jangka Panjang tentang “Hilirisasi Mineral dan Logam Tanah Jarang guna Mendukung Pertumbuhan Ekonomi Nasional”. Tim Lemhannas RI dipimpin oleh Deputi Pengkajian Strategik Lemhannas RI Prof. Dr. Ir. Reni Mayerni, M.P yang didampingi oleh Direktur Pengkajian Ekonomi dan SKA Brigjen TNI Ramses L. Tobing, Tenaga Profesional Bidang SKA Lemhannas RI Ir. Edi Permadi, Tenaga Profesional Bidang SKA Lemhannas RI Prof. Dr. Jana Tjahjana Anggadirejdja, dan Wakil Ketua Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI) Yoseph Swamidharma, M.Sc.

Dalam sambutannya, Deputi Pengkajian Strategik Lemhannas RI Prof. Dr. Ir. Reni Mayerni, M.P. menjelaskan kepada peserta FGD bahwa Lemhannas RI merupakan Lembaga Pemerintahan Non Kementerian (LPNK) yang bertanggung jawab langsung kepada presiden. Salah satu tugas pokok Lemhannas RI adalah menyelenggarakan pengkajian yang bersifat konsepsional dan strategis mengenai berbagai permasalahan nasional, regional dan internasional yang diperlukan oleh presiden. Oleh karena itu, pada tahun 2021, Deputi Bidang Pengkajian Strategik Lemhannas RI melaksanakan program kajian jangka panjang yang berjudul “Hilirisasi Mineral dan Logam Tanah Jarang guna Mendukung Pertumbuhan Ekonomi Nasional”.

“FGD di Lokus Provinsi Sulawesi Tenggara ini merupakan rangkaian kegiatan pendalaman materi kajian jangka panjang Direktorat Ekonomi dan SKA Debidjianstrat, sebagai upaya untuk mendapatkan data dan fakta riil sesuai kondisi di lapangan tentang hilirisasi mineral dan logam tanah jarang,” kata Reni.

Diharapkan keberangkatan ke Lokus Sulawesi Tenggara akan semakin melengkapi informasi dan rekomendasi dalam persoalan hilirisasi mineral dan logam tanah jarang. Pertanyaan mendasar yang diharapkan dapat terjawab melalui setiap FGD adalah apa permasalahan dan kendala yang dihadapi pemerintah pusat, pemerintah daerah dan swasta dalam mengoptimalkan hilirisasi mineral dan logam tanah jarang, sehingga dapat mendukung pertumbuhan ekonomi nasional serta bagaimana mewujudkan pengelolaan hilirisasi mineral dan logam tanah jarang sehingga dapat mendukung pertumbuhan ekonomi nasional.

Selama tiga hari berada di Lokus Sulawesi Tenggara, Tim Lemhannas RI melakukan empat Focus Group Discussion (FGD) dengan berbagai pihak. FGD pertama dilaksanakan antara Lemhannas RI dengan PT. Aneka Tambang Tbk (ANTAM) Pomalaa yang dihadiri oleh Vice President Corporate Social Responsibility, Human Capital, dan Finance Unit Bisnis Pertambangan Nikel (UPBN) PT. ANTAM Dito Yulianto, General Manager UBPN PT. ANTAM Sultra Nilus Rahmat, VP Feni Flant UBPN  PT. ANTAM Ulil Amri, VP Mining & Op Support UBPN PT. ANTAM Mahana Hendra S. dan External Relation Manager PT. ANTAM Pamiluddin Abdullah. serta Wakil Bupati Kolaka H. Muhammad Jayadin, S.E. Kemudian diskusi dilanjutkan dengan tinjauan ke lapangan.

FGD kedua dilaksanakan antara Lemhannas RI dengan pihak Universitas Haluoleo (Unhalu) yang dihadiri oleh Dekan Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian Unhalu Dr. Muliddin, S.Si., M.Si, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unhalu Prof. Dr. Arifuddin, SE.Ak., M.Si., Dekan Fakultas Hukum Unhalu Dr. Herman, S.H, LL.M., Ketua Jurusan Teknik Geologi Unhalu Dr. Hasria, S.Pd., M.Si., Ketua Jurusan Teknik Pertambangan Unhalu Erwin Anshari, S.Si., M.Eng., dan Dosen Teknik Geologi Unhalu Suryawan Asfar, ST. M.Si.

Selanjutnya pada FGD ketiga, Tim Lemhannas RI berdiskusi dengan pihak pimpinan PT. Virtue Dragon Nickel Industry (VDNI) beserta jajaran PT. VDNI. Kemudian pada FGD keempat, Lemhannas RI berdiskusi dengan pihak Pemerintah Daerah Provinsi Sulawesi Tenggara dan direncanakan dihadiri Wakil Gubernur Sulawesi Tenggara Dr. H. Lukman Abunawas, SH., MH., M.Si., Kapolda Sulawesi Tenggara Irjen Pol. Drs. Yan Sultra, S.H, Danrem 143 Haluoleo, Kepala Dinas ESDM Provinsi Sulawesi Tenggara, Kepala Dinas Perindustrian Provinsi Sulawesi Tenggara, Pimpinan PT. Central Omega Resources Tbk, Pimpinan PT. Sulawesi Cahaya Mineral Kendari Sulawesi Tenggara.

 



Hak cipta © 2024 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749