PPSA 24 Lemhannas RI Laksanakan Studi Strategis ke Timor Leste

Press Release

Nomor  : PR/ 47 / IX / 2023

Tanggal: 4 September 2023

Timor Leste- Peserta Program Pendidikan Singkat Angkatan (PPSA) 24 melakukan Studi Strategis Luar Negeri (SSLN) ke Timor Leste. Kegiatan ini dilaksanakan mulai tanggal 4 sampai dengan 8 September 2023.

Salah satu objek kunjungan SSLN PPSA 24 Lemhannas RI di Timor Leste adalah Istana Kepresidenan Republik Demokratik Timor Leste (RDTL) yang dilaksanakan pada Senin (4/9) dan diterima oleh Presiden Timor Leste José Ramos-Horta.

Selain Istana Kepresidenan Republik Demokratik Timor Leste, para peserta juga mengunjungi dua belas institusi lain, di antaranya, Kedutaan Besar Republik Indonesia untuk Timor Leste, Kementerian Pertahanan RDTL, Pasukan Pertahanan Timor Leste (FDTL), National Defence Institute Timor Leste (IDN), Kementerian Dalam Negeri Timor Leste, Kepolisian Nasional Timor Leste (PNTL), Kementerian Pariwisata, Perdagangan, dan Perindustrian Timor Leste, Kementerian Pertanian dan Perikanan Timor Leste, Sekolah Dasar Negeri 8 Dili, Patung Cristo Rei, Pasir Putih, dan Pasar Tais.

SSLN merupakan kegiatan peninjauan langsung ke pusat pemerintahan, objek strategis/unggulan, dan lembaga organisasi internasional yang ada di negara tujuan.

Kegiatan ini dilaksanakan sebagai pengkayaan dan pembulatan pemahaman para peserta setelah menerima ceramah, membuat kajian serta melaksanakan diskusi tentang Hubungan Internasional.

Selain itu, SSLN ini juga bertujuan untuk membekali para peserta dalam mempelajari serta mengkaji kondisi dan prospek hubungan bilateral dengan Indonesia melalui audiensi, diskusi, dan peninjauan objek strategis/unggulan setiap negara tujuan, baik dalam rangka kepentingan nasional maupun dari segi perspektif pembangunan nasional.

SSLN ke Timor Leste diikuti oleh 17 peserta PPSA 24 dan didampingi oleh Gubernur Lemhannas RI Andi Widjajanto, Tenaga Ahli Pengajar Bidang Geografi Lemhannas RI Mayjen TNI Ramses Lumban Tobing, S.T., Tenaga Profesional Bidang Sumber Kekayaan Alam Lemhannas RI Prof. Dr. Ir. Dadan Umar Daihani, D.E.A., para pejabat struktural beserta staf Lemhannas RI.

Melalui kegiatan ini, para peserta diharapkan dapat memiliki kepekaan dan cakrawala pandang yang lebih luas terhadap perkembangan lingkungan sekitar, terutama negara-negara lain di kawasan yang memiliki dampak strategis bagi Indonesia.

Kepekaan tersebut penting untuk dimiliki, karena setiap perkembangan yang terjadi akan mempengaruhi kebijakan negara, baik dalam menggapai kepentingan nasional maupun menjalin hubungan kerja sama internasional. Selain itu, para peserta juga diharapkan dapat lebih memahami kondisi pembangunan nasional dan prospek hubungan bilateral negara tujuan dengan Indonesia.

SSLN PPSA 24 Lemhannas RI juga dilaksanakan ke tiga negara lain, yakni Malaysia, Filipina, dan Thailand dengan peserta serta pendamping yang berbeda.

 

Narahubung: Maulida (082229125536)

 

Caption Foto: Peserta PPSA 24 saat melaksanakan SSLN ke Timor Leste.

 

Biro Humas Lemhannas RI

Jalan Medan Merdeka Selatan 10, Jakarta 10110

Telp. 021-3832108/09

http://www.lemhannas.go.id

Instagram: @lemhannas_ri

Facebook: lembagaketahanannasionalri

Twitter: @LemhannasRI

TikTok: @lemhannas_ri



Hak cipta © 2024 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749