Tiga Pesan Gubernur Lemhannas RI kepada Peserta PPRA 65

Press Release

Nomor  : PR/ 46 / VIII /2023

Tanggal: 28 Agustus 2023

Jakarta – Ada tiga pesan Gubernur Lemhannas RI Andi Widjajanto kepada para peserta saat Penutupan Program Pendidikan Reguler Angkatan 65 Lemhannas RI.  Gubernur Andi berpesan agar lulusan PPRA 65 dapat menjadi pimpinan nasional, menjaga nama baik Lemhannas, dan melakukan inovasi serta transformasi bagi kepemimpinan di masing-masing institusi.

 

“Yang pertama, lulusan PPRA Lemhannas RI diharapkan menjadi pimpinan nasional. Teman-teman sudah tahu apa yang harus dilakukan untuk berpikir secara komprehensif sesuai dengan tri dan panca gatra kita. Sudah tahu bagaimana kita memandang dunia dalam pertarungan geopolitik ke depan,” kata Gubernur Andi saat memberikan sambutan Penutupan PPRA 65 pada Senin (28/08).

 

Selama mengikuti pendidikan, alumni PPRA mendapatkan pembelajaran tentang cara mengantisipasi peningkatan strategis, meningkatkan kewaspadaan nasional, dan mengatasi krisis. Selain itu, pembekalan tentang aspek-aspek kepemimpinan nasional serta olah sistem manajemen nasional pada akhir pendidikan juga dilaksanakan oleh alumni PPRA.

 

Gubernur Andi menjelaskan bahwa hal tersebut dilakukan karena pendidikan regular di Lemhannas bertujuan untuk mencetak pemimpin nasional. “Hari ini teman-teman harus langsung memimpin. Stop imagining, (stop) dreaming become leader. Just be the leader. Pimpinlah institusinya, pimpinlah kami untuk melakukan transformasi Indonesia ke depan,” kata Gubernur Andi.

 

Pesan kedua, Gubernur Andi berharap agar alumni PPRA 65 dapat menjaga nama baik dan menjadi bagian dari keluarga Lemhannas, serta meyakini bahwa sebagian besar alumni PPRA 65 akan melanjutkan karir dengan baik karena sudah mengikuti pendidikan di Lemhannas.

 

Kemudian yang ketiga, Gubernur Andi berpesan agar alumni PPRA 65 dapat memberikan inovasi dan transformasi bagi kepemimpinan di masing-masing institusi. Menurutnya, pendidikan yang diikuti oleh alumni PPRA 65 merupakan bentuk investasi dari masing-masing institusi dan Lemhannas.

 

“Semoga investasi yang kami lakukan selama 7 bulan untuk teman-teman di Lemhannas, bisa betul-betul kami lihat, kami petik hasilnya dalam karir lanjut teman-teman di instansinya masing-masing,” tambah Gubernur Andi.

 

Sebelum mengakhiri sambutannya, Gubernur Andi juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh pimpinan instansi yang telah mempercayakan personelnya kepada Lemhannas untuk dididik selama 7 bulan, serta mengucapkan selamat atas kelulusan alumni PPRA 65.

 

“Sekali lagi terima kasih dan selamat atas kelulusan angkatan 65 hari ini,” kata Gubernur Andi.

 

Pada kesempatan tersebut, Deputi Pendidikan Pimpinan Tingkat Nasional Lemhannas RI Marsda TNI Andi Heru Wahyudi juga melaporkan bahwa seluruh program pendidikan berjalan dengan lancar dan menetapkan tiga penghargaan berdasarkan penetapan dewan penilai.

 

Penghargaan pertama adalah Penghargaan Predikat Akademik Terbaik dan Predikat Kertas Karya Ilmiah Perseorangan (Taskap) Terbaik. Predikat Akademik Terbaik bagi peserta dalam negeri diraih oleh Kolonel Inf. Haryananta, S.H. dari TNI AD. Kemudian Predikat Taskap Terbaik diraih oleh Kolonel Laut (Teknik) Siswanto, S.T., M.T. dari TNI AL.

 

Sedangkan dari peserta mancanegara, Predikat Akademik Terbaik Peserta Negara Sahabat diraih oleh Kapten Abd. Halim Kamarudin TLDM, Msoc, Sc DS (UKM) yang berasal dari Malaysia dan Predikat Taskap Terbaik diraih oleh Colonel Wong Mingje, MMDS dari Singapura.

 

Hadir dalam Penutupan PPRA 65 Lemhannas RI, antara lain, Sekretaris Utama Lemhannas RI, Para Deputi Lemhannas RI, Para perwakilan Institusi asal alumni PPRA 65 Lemhannas RI, dan Perista Lemhannas RI.

 

Narahubung: Maulida (082229125536)

 

Caption Foto: Gubernur Lemhannas RI saat memberikan sambutan pada Penutupan Program Pendidikan Reguler Angkatan (PPRA) 65 Tahun 2023 Lemhannas RI

Biro Humas Lemhannas RI

Jalan Medan Merdeka Selatan 10, Jakarta 10110

Telp. 021-3832108/09

http://www.lemhannas.go.id

Instagram : @lemhannas_ri

Facebook : lembagaketahanannasionalri

Twitter : @LemhannasRI



Hak cipta © 2024 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749