Globalisasi Digital Buka Peluang Pembangunan Negara

Press Release

Nomor  : PR/43/VII/2023

Tanggal: 25 Juli 2023

Jakarta- Globalisasi di bidang teknologi informasi dan komunikasi, aliran data digital, serta pariwisata semakin menguat. Hal ini membuka peluang pertumbuhan ekonomi yang tidak hanya bagi negara-negara besar dan perusahaan multinasional, tetapi juga bagi negara berkembang, perusahaan rintisan (Start-up), dan UMKM.

Hal ini disampaikan Wakil Presiden RI KH. Ma’ruf Amin saat memberikan kuliah umum kepada peserta PPRA 65 dan PPSA 24 pada Selasa (25/07), di Auditorium Gadjah Mada Lemhannas RI.

Wakil Presiden RI juga menyebutkan bahwa transaksi, komunikasi, dan informasi digital lintas negara memberikan keuntungan ekonomi yang lebih besar jika dibandingkan dengan perdagangan barang dan jasa secara konvensional. Meski demikian, setiap perubahan menuntut kemampuan dan kelincahan dalam beradaptasi, tidak terkecuali untuk Indonesia.

Membahas globalisasi digital, perwujudan transformasi digital di Indonesia terlihat dari pemberlakuan Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE) beserta kebijakan dan regulasinya, digitalisasi pelayanan publik, platform digital partisipasi masyarakat, serta keterbukaan informasi. “Saya mengajak semua pemimpin dan para pengambil kebijakan di pusat dan daerah untuk meninggalkan ego sektoral, ego kepentingan, dan ego daerah dalam menyukseskan arsitektur sistem pemerintahan berbasis elektronik,” kata Wakil Presiden RI.

Digitalisasi pelayanan publik bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan kemudahan layanan pada masyarakat. Hal tersebut, diharapkan dapat terselenggara secara modern, praktis, dan mampu menjangkau masyarakat di seluruh pelosok tanah air, sehingga kepuasan masyarakat sebagai indikator utama reformasi birokrasi dapat tercapai.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Wakil Gubernur Lemhannas RI Letjen TNI Mohamad Sabrar Fadhilah, Sekretaris Utama Lemhannas RI Komjen Pol Drs. Rudy Sufahriadi, Deputi Pendidikan Pimpinan Tingkat Nasional Lemhannas RI Marsda TNI Andi Heru Wahyudi, Deputi Pengkajian Strategik Lemhannas RI Prof. Dr. Ir. Reni Mayerni, M.P., Deputi Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan Lemhannas RI Laksda TNI Edi Sucipto, S.E., M.M., M.Tr.Opsla., dan para pejabat Lemhannas RI.

Narahubung: Maulida (082229125536)

Caption Foto: Wakil Presiden RI KH. Ma’ruf Amin saat memberikan kuliah umum kepada para peserta PPRA 65 dan PPSA 24.

Biro Humas Lemhannas RI

Jalan Medan Merdeka Selatan 10, Jakarta 10110

Telp. 021-3832108/09

http://www.lemhannas.go.id

Instagram: @lemhannas_ri

Facebook: lembagaketahanannasionalri

Twitter: @LemhannasRI

TikTok: @lemhannas_ri



Hak cipta © 2024 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749