Lemhannas RI Buka Taplai Pertama di Tahun 2022

Press Release

Nomor  : PR/ 03 / I /2022

Tanggal:  18 Januari 2022

Jakarta – Lemhannas RI melaksanakan Pembukaan Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan pertama di Tahun 2022. Plt. Gubernur Lemhannas RI Marsdya TNI Wieko Syofyan membuka Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan (Taplai Kbs) bagi Alumni ToBe Institute Yayasan Pendidikan Indonesia Raya Bersatu (YPIRB) Tahun 2022 di Lemhannas RI, Jakarta pada Senin, 17 Januari 2022.

“Yayasan Pendidikan Indonesia Raya Bersatu (YPIRB) memiliki komitmen kuat untuk memajukan bangsa Indonesia dari aspek sumber daya manusia, sehingga perlu didukung oleh pemahaman nilai-nilai kebangsaan,” kata Marsdya TNI Wieko Syofyan saat memberikan sambutan pada Pembukaan Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan (Taplai Kbs) bagi Alumni To Be Institute YPIRB.

Pelaksanaan Taplai Kbs ini penting dilaksanakan karena adanya perbedaan latar belakang, pengalaman, dan persepsi serta perbedaan kualitas pemahaman terhadap nilai-nilai kebangsaan dari para alumni ToBe Institute.

Menurut Marsdya TNI Wieko Syofyan, sangat tepat bagi para peserta mengikuti Taplai Kbs untuk menyamakan persepsi, mendapatkan bekal, dan meningkatkan pemahaman terkait dengan nilai-nilai kebangsaan yang bersumber dari empat konsensus dasar bangsa.

“Dengan adanya bekal, persepsi, dan pemahaman yang sama terkait wawasan dan nilai-nilai kebangsaan ini, diharapkan saudara mampu memberikan kontribusi positif sesuai dengan peran masing-masing untuk menyelesaikan persoalan bangsa yang senantiasa mengedepankan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan pribadi atau kelompok,” kata Marsdya TNI Wieko Syofyan.

Perkembangan dunia yang dinamis telah melahirkan era yang penuh tantangan, persaingan, dan kompetisi dengan negara lain. Oleh sebab itu, penting bagi indonesia untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia, salah satunya melalui Taplai Kebangsaan.

Perlu berbagai upaya dan dorongan bagi bangsa Indonesia untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia, teruma pada generasi muda. Sehingga, generasi muda diharapkan mampu mewujudkan visi Indonesia Emas 2045.

“Itu semua dapat teratasi apabila kita semua memiliki kesadaran berbangsa dan bernegara yang kuat, sehingga memiliki visi yang sama yaitu untuk kemajuan bangsa,” kata Marsdya TNI Wieko Syofyan.

Kegiatan Taplai Kebangsaan Alumni ToBe Institute YPIRB dilaksanakan mulai tanggal 17 sampai dengan 23 Januari 2022 dengan tema “Implementasi Nilai-Nilai Kebangsaan yang Bersumber dari Empat Konsensus Dasar Bangsa Guna Meningkatkan Kualitas Kehidupan Bermasyarakat, Berbangsa, dan Bernegara”. Adapun peserta Taplai Kebangsaan berjumlah 84 orang yang terdiri dari unsur guru, akademisi, pengacara, pengusaha, dan lembaga sosial (yayasan).

Pada kesempatan itu, YPIRB juga mengucapkan terima kasih kepada Lemhannas RI karena telah melaksanakan Taplai Kebangsaan bagi para Alumni.

“Saya mewakili Yayasan Pendidikan Indonesia Raya Bersatu mengucapkan terima kasih kepada Lemhannas RI yang telah menerima kami untuk bisa menjalankan pendidikan pelatihan dalam rangka pemantapan nilai-nilai kebangsaan ini,” kata perwakilan dari YPIRB.

Marsdya TNI Wieko Syofyan berharap para peserta mengikuti kegiatan tersebut secara seksama, melakukan tukar pendapat, dan diskusi secara komprehensif terkait berbagai permasalahan bangsa. Harapannya para peserta memiliki wawasan yang luas serta mampu mengimplementasikan nilai-nilai kebangsaan secara baik dan benar.

Narahubung: Maulida (082229125536) / Endah (081316072186)

Caption Foto: Pembukaan Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan Alumni ToBe Institute Yayasan Pendidikan Indonesia Raya Bersatu (YPIRB) Tahun 2022.

Biro Humas Lemhannas RI

Jalan Medan Merdeka Selatan 10, Jakarta 10110

Telp. 021-3832108/09

http://www.lemhannas.go.id

Instagram : @lemhannas_ri

Facebook : lembagaketahanannasionalri

Twitter : @LemhannasRI



Hak cipta © 2024 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749