Marsdya TNI Wieko Syofyan Ajak Peserta PPRA 63 Jadi Pemimpin Berkarakter

Press Release

Nomor  : PR/ 04 / I /2022

Tanggal:  18 Januari 2022

Jakarta – Plt. Gubernur Lemhannas RI Marsdya TNI Wieko Syofyan meminta peserta Pendidikan Program Reguler Angkatan (PPRA) 63 Lemhannas RI menjadi pemimpin dengan karakter kebangsaan yang kuat.

Karakter pemimpin yang dimaksud adalah memiliki pola pikir, pola sikap, dan pola tindak berdasarkan pandangan geopolitik dan geostrategi dapat juga dibentuk melalui moral dan kejujuran.

“Kemampuan akademis dan kewenangan dalam jabatan saja tidaklah cukup untuk menjadi pemimpin tingkat nasional, terlebih bagi bangsa yang besar dan majemuk seperti Indonesia, " kata Marsdya TNI Wieko Syofyan saat memberikan sambutan pada Pembukaan PPRA 63 di Lemhannas RI, Jakarta (18/01).

"Kemampuan menjalin kerja sama dan membangun jaringan antar para pejabat pada saatnya nanti setelah lulus merupakan keniscayaan yang tidak dapat kita abaikan, " kata mantan Wakasau ini.

Peserta PPRA 63 harus memiliki tekad untuk melakukan revolusi mental transformasi sikap dan perilaku yang mencerminkan sosok pemimpin tingkat nasional dengan kualitas karakter kebangsaan yang kuat.

“Revolusi mental untuk membentuk karakter kepemimpinan yang kuat tidaklah hanya diberikan dengan mengajarkan sifat-sifat kepemimpinan dan mental yang baik, tetapi juga dengan menunjukkan bukti nyata para peserta mengikuti dan mematuhi semua ketentuan dan peraturan yang dipersyaratkan oleh lembaga,” kata Marsdya TNI Wieko Syofyan.

Menurut Marsdya TNI Wieko Syofyan, revolusi mental kepemimpinan adalah mengubah sikap tertutup menjadi terbuka, dan dari fokus ego menjadi fokus ekosistem atau lingkungan sekitar.

“Hal mendasar itulah yang sesungguhnya harus dipahami dan dipedomani oleh peserta pendidikan sebagai bentuk pertanggungjawaban atas kepercayaan yang diberikan sekaligus sebagai wujud implementasi revolusi mental para peserta secara nyata,” kata Marsdya TNI Wieko Syofyan.

Pembukaan PPRA 63 Lemhannas RI akan dilaksanakan selama tujuh bulan, mulai hari Selasa, 18 Januari sampai dengan 16 Agustus 2022. PPRA 63 diselenggarakan dua tahap, yakni off campus dan on campus.

Peserta PPRA 63 berjumlah seratus orang yang berasal dari TNI, Polri, Lembaga Negara, Kementerian, Pemerintah Provinsi, Partai Politik, DPRD, Organisasi Masyarakat, LLDIKTI, dan Perseroan Terbatas.

Pada kesempatan ini, Marsdya TNI Wieko Syofyan juga berharap para peserta dapat memberikan motivasi untuk meningkatkan kualitas kepemimpinan selama pendidikan.

Lemhannas berharap, kehadiran para peserta dalam program pendidikan ini, dapat memberikan motivasi untuk meningkatkan kualitas kepemimpinan masing-masing, dengan menjalankan perannya sebagai peserta pendidikan yang bertanggung jawab dan bukan semata-mata hanya mengejar formalitas pendidikan di Lemhannas RI.

Narahubung: Maulida (082229125536) / Endah (081316072186)

Caption Foto: Plt. Gubernur Lemhannas RI saat memberikan sambutan pada Pembukaan Program Pendidikan Reguler Angkatan (PPRA) 63 Tahun 2022 Lemhannas RI

Biro Humas Lemhannas RI

Jalan Medan Merdeka Selatan 10, Jakarta 10110

Telp. 021-3832108/09

http://www.lemhannas.go.id

Instagram : @lemhannas_ri

Facebook : lembagaketahanannasionalri

Twitter : @LemhannasRI



Hak cipta © 2024 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749