Gubernur Lemhannas RI Kunjungi Sesko TNI

Setelah melakukan kunjungan kerja ke Sekolah Staf dan Komando Angkatan Darat (Seskoad), Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia (Lemhannas RI) Letjen TNI (Purn.) Agus Widjojo beserta sejumlah pejabat Lemhannas RI melanjutkan kunjungan kerja ke Sekolah Staf dan Komando Tentara Nasional Indonesia (Sesko TNI), Kamis, 18 Februari 2021.

Kunjungan kerja tersebut diterima oleh Wakil Komandan Sesko TNI (Wadan Sesko TNI) Mayjen TNI Tri Martono, S.I.P., M.I.P. yang didampingi oleh beberapa Pejabat Utama Sesko TNI bertempat di Ruang VIP Gedung Sudirman Sesko TNI. Maksud dan tujuan kunjungan kerja tersebut adalah untuk melakukan studi banding dalam hal penyelenggaraan dan mekanisme pendidikan yang dijalankan oleh Sesko TNI selama ini. Kunjungan kerja ini diharapkan dapat menjadi sarana untuk bertukar pikiran dan diskusi antara Lemhannas RI dengan Sesko TNI, sehingga dapat menjadi masukan dan saran bagi penyelenggaraan pendidikan di Lemhannas RI.

Dalam kunjungan kerja tersebut Agus Widjojo didampingi oleh Deputi Bidang Pendidikan Pimpinan Tingkat Nasional Lemhannas RI Mayjen TNI Rahmat Pribadi, Deputi Bidang Pengkajian Strategik Lemhannas RI Prof. Dr. Ir. Reni Mayerni, M.P, Deputi Bidang Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan Lemhannas RI Laksda TNI Prasetya Nugraha, S.T., M.Sc, Tenaga Ahli Pengkaji Bidang Kewaspadaan Nasional Lemhannas RI Mayjen TNI Sugeng Santoso, S.I.P, Tenaga Ahli Pengajar Bidang Strategi Lemhannas RI Mayjen TNI Kup Yanto Setiono, Direktur Pengkajian Pertahanan Keamanan dan Geografi Marsma TNI Heddezul S.Sos, dan Kepala Sub Direktorat Kegiatan Utama Ditopsdik Debiddikpimkanas Lemhannas RI Kolonel Arm R. Djaenudin Selamet.

“Semoga dari kegiatan pertemuan ini, selain sebagai studi komparasi guna mengetahui berbagai hal yang diterapkan terkait operasional pendidikan di Sesko TNI, juga dapat menjadi ajang untuk mempererat jalinan tali silahturahmi di antara kita semua,” kata Martono. Kemudian Martono menyampaikan bahwa mulai 3 Februari 2021 yang lalu telah dibuka dan mulai dioperasikan Pendidikan Reguler Angkatan ke-48 Sesko TNI TA 2021 dengan jumlah peserta didik sebanyak 200 Perwira Siswa (Pasis) yang berasal dari TNI Angkatan Darat 75 orang, TNI Angkatan Laut 50 orang, TNI Angkatan Udara 40 orang, Kepolisian Republik Indonesia 31 orang, serta Pasis dari negara sahabat 4 orang yang berasal dari Madagaskar, Malaysia, Pakistan dan Singapura.

Berdasarkan hasil Evaluasi Dikreg-47 T.A. 2020 dan mempertimbangkan pandemi Covid-19, maka diputuskan pelaksanaan proses belajar mengajar para Pasis dalam menerima materi pelajaran di ruangan masing-masing, sedangkan Dosen memberi materi kuliah melalui situs E-Learning Sesko TNI mengingat sasaran pendidikan yang masih berpedoman pada Tri Pola Dasar Pendidikan yang berorientasikan tiga aspek, meliputi Pengetahuan, Kepribadian, dan Jasmani. Guna meyakinkan perkembangan para Pasis dan mendapatkan evaluasi hasil belajar yang objektif, khususnya pada aspek Kepribadian dan Jasmani, maka perlu dilaksanakan pengamatan secara langsung terhadap para Pasis dengan tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat dalam setiap kegiatan. Dalam kesempatan tersebut, rombongan Lemhannas RI juga mendapatkan penjelasan mengenai sistem pembelajaran E-Learning Sesko TNI.



Hak cipta © 2021 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749