Olah Sismennas Pertama pada Program Pimpinan Daerah Angkatan (P3DA)

Peserta Program Pemantapan Pimpinan Daerah Angkatan (P3DA) 11 telah melaksanakan Olah Sistem Manajemen Nasional (Olah Sismennas) dengan tema “Koordinasi Lintas Sektor Aparatur Pemerintah Daerah dan Instansi Vertikal Dalam Menghadapi Bencana” mulai tanggal 30 November 2020 hingga 3 Desember 2020.

 

Olah Sismennas merupakan salah satu metode yang dikembangkan oleh Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia (Lemhannas RI) dalam proses belajar mengajar bagi para peserta  P3DA dan untuk pertama kalinya dilaksanakan pada P3DA. Kegiatan ini mencakup kegiatan latihan simulasi hubungan kerja sama, koordinasi, dan sinkronisasi antar lembaga/instansi dalam menghasilkan dan mengoperasionalkan suatu kebijakan pemerintah, sehingga kebijakan pembangunan nasional yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan rakyat dapat terselenggara secara sinergis, efektif, dan efisien serta membawa manfaat sebesar-besarnya bagi masyarakat.

 

Gubernur Lemhannas RI Letjen TNI (Purn.) Agus Widjojo saat menutup pelaksanaan Olah Sismennas menyampaikan keyakinannya bahwa dengan simulasi proses perumusan kebijakan dan pengambilan keputusan yang dikemas dalam Olah Sismennas, peserta telah dapat memahami dinamika koordinasi lintas sektor aparatur pemerintah daerah dan instansi vertikal yang melibatkan berbagai pihak termasuk mengakomodasikan berbagai kepentingan.

 

Lebih lanjut Agus menyampaikan bahwa dengan asumsi keadaan dan substansi materi yang mencerminkan situasi yang sedang berkembang, maka ukuran keberhasilan Olah Sismennas dapat ditinjau dari beberapa aspek, yaitu, pertama, kemampuan menganalisis dan mengantisipasi perkembangan situasi. Kedua, penyesuaian terhadap cara berpikir dan cara bertindak yang tepat. Ketiga, tingkat keterpaduan pada analisa, perumusan kebijakan dan implementasi tiap Walikota, Bupati dan DPRD yang diperankan dalam menghasilkan produk-produk yang strategis dan berkualitas. Keempat, koordinasi dan kerja sama yang terpadu antar Walikota, Bupati dan DPRD serta instansi lainnya yang diperankan merupakan gambaran logis dalam upaya menggerakkan partisipasi segenap komponen bangsa dalam rangka menyikapi dinamika sosial budaya sebagai tantangan ketahanan nasional.

 

“Berdasarkan laporan dan pengamatan yang saya peroleh selama pelaksanaan kegiatan Olah Sismennas ini, para peserta telah menunjukkan upaya terbaik dalam menyelesaikan tugas dan peran yang diberikan. Di sisi lain, kualitas produk perorangan dan kelompok mencerminkan tingkat pemahaman yang komprehensif, walaupun masih ada beberapa yang perlu disempurnakan. Harapan saya, apa yang telah diperoleh selama kegiatan Olah Sismennas ini dapat menjadi bekal bagi seluruh peserta dalam penugasan masing-masing” kata Gubernur Lemhannas RI Letjen TNI (Purn.) Agus Widjojo saat menutup kegiatan Olah Sismennas.

 



Hak cipta © 2021 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749