Peluncuran Buku Lemhannas RI

Lemhannas RI menyelenggarakan peluncuran 3 (tiga) buku yaitu “Kiprah Lemhannas RI”, “Indonesia  Menoedjoe 2045: SDM Unggul Adalah Koentji”, dan “Skenario Indonesia 2035”, serta soft launching (peluncuran awal) buku “Tentara Kok Mikir? Inspirasi Out of The Box Letjen TNI (Purn.) Agus Widjojo” di Ruang Auditorium Gadjah Mada Gedung Pancagatra Lemhannas RI, Jakarta, pada Kamis (3/12).

"Buku-buku ini merupakan sumbangan pemikiran Lemhannas RI yang diharapkan dapat diterima oleh masyarakat. Semoga bisa memperkuat kemampuan dalam pengendalian keadaan yang dialami saat ini sehingga menghasilkan sesuatu yang bermanfaat untuk pencapaian keberhasilan bangsa di masa depan," ujar Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia (Lemhannas RI) Letjen TNI (Purn.) Agus Widjojo saat memberikan sambutan.

Hadir secara virtual sebagai pembicara kunci Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional, Prof. Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro, Ph.D. Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan dari masing-masing perwakilan tim penulis, antara lain Bernarda Rurit untuk “Tentara Kok Mikir? Inspirasi Out of The Box Letjen TNI (Purn.) Agus Widjojo”, Kepala Biro Humas Settama Lemhannas RI Brigjen TNI Sugeng Santoso, S.I.P. untuk “Kiprah Lemhannas RI”, Komunitas Merah Putih Cecilia Sumarlin untuk “Indonesia Menoedjoe Indonesia 2045: SDM Unggul Adalah Koentji”, dan Tenaga Profesional Bidang Ekonomi Lemhannas RI Drs. Ending Fadjar, M.A. untuk “Skenario Indonesia 2035”.

Pada kesempatan tersebut, Bernarda menyampaikan bahwa judul buku tersebut merupakan ide dari Gubernur Lemhannas RI Letjen TNI (Purn.) Agus Widjojo. Bernarda sebagai penulis, menyatakan bahwa selama ini masyarakat mengenal tentara hanya berperang dan bertempur di lapangan, padahal di belakang orang yang berperang dibutuhkan konseptor yang dihasilkan dari olah pikir. Menurut Bernarda, buku tersebut menggambarkan kiprah Letjen TNI (Purn.) Agus Widjojo menjadi tentara reformatif. Dengan publik membaca buku ini, paling tidak pemikiran seorang Letjen TNI (Purn.) Agus Widjojo yang humanis dan humoris dapat menginspirasi masyarakat.

Pemaparan pengenalan buku kemudian dilanjutkan oleh Kepala Biro Humas Settama Lemhannas RI Brigjen TNI Sugeng Santoso, S.I.P. Sugeng menyampaikan bahwa Buku Kiprah Lemhannas RI menggambarkan perjalanan Lemhannas RI dengan menitikberatkan pada penyajian dalam bentuk grafik. Buku Kiprah ini dapat disebut sebagai Buku Protokoler atau table book yang disusun untuk mengenalkan Lemhannas RI dengan pendekatan yang lebih ringan. Daya tarik buku ini bukan pada tulisan, melainkan pada gambar.

Lain halnya dengan Buku Indonesia Menoedjoe 2045: SDM Unggul Adalah Koentji, Cecilia menyampaikan bahwa buku tersebut merefleksikan perjalanan Bangsa Indonesia menuju 2045 dengan penekanan Sumber Daya Manusia (SDM) Unggul yang menjadi kunci penentu keberhasilan Indonesia. Melalui SDM yang berkualitas tentunya akan menghasilkan pencapaian yang juga berkualitas, seperti yang diharapkan pada masa emas Indonesia 2045 mendatang.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan buku Skenario Indonesia 2035, Ending menyampaikan bahwa buku tersebut menggambarkan kondisi Indonesia pada 2035 dengan tiga skenario, yaitu Skenario Patah Pucuk, Zamrud Berserakan dan Berlayar di Tengah Badai.

Buku-buku yang diluncurkan oleh Lemhannas RI dilengkapi dengan data yang telah diolah dari hasil pengamatan, observasi, wawancara, dan literatur.

Kegiatan peluncuran dilaksanakan dalam bentuk hybrid, yaitu secara fisik dengan menjalankan protokol kesehatan secara ketat dan pada saat yang bersamaan dilakukan secara virtual. Sekitar 500 (lima ratus) orang mengikuti peluncuran buku tersebut, terdiri dari para Gubernur, Walikota, Bupati, serta DPRD seluruh Indonesia, dan para tamu undangan.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Marsekal Madya TNI Bagus Puruhito, S.E., M.M., Gubernur Lemhannas  RI 2011 - 2016 Prof. Dr. Ir. Budi Susilo Soepandji, D.E.A., dan Gubernur Lemhannas RI 2001 - 2005 Prof. Dr. Ermaya Suradinata, S.H., M.H., M.S.



Hak cipta © 2021 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749