Lemhannas RI dan BIN Tingkatkan Kerja Sama

Sekretaris Utama (Sestama) Badan Intelijen Negara (BIN) Komjen Pol. Drs. Bambang Sunarwibowo, S. H., M.Hum. mengunjungi Lemhannas RI, Jumat, (28/8). Kunjungan tersebut diterima langsung oleh Gubernur Lemhannas RI Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo.

Dalam kunjungan tersebut, Sestama BIN didampingi beberapa jajarannya, yakni Gubernur Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN) Laksma TNI Dr. Ivan Yulivan, M.M., SHRMP., M.Tr (Han), Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan (Kapuslitbang) BIN Dr. Armi Susandi, M.T, Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Kapusdiklat) BIN Brigjen TNI R. Toto Oktaviana, S.Sos., Kepala Biro - 03 Gede Agung Patra Wicaksana, S.H., M.H, Staf Khusus Kepala BIN Riri Satria, S.Kom., M.M., ACP., DBA(c), dan Staf Khusus Wakil Kepala BIN Prof. Dr. der Soz. Gumilar Rusliwa Soemantri.

Kunjungan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kapasitas kerja sama antara kedua instansi terutama kerja sama yang terkait dengan prediksi ancaman nasional ke depan. “Lemhannas RI tentunya memiliki data base yang lebih komprehensif dalam hal ini,” kata Bambang. Lebih lanjut, Bambang menjelaskan bahwa data yang dimiliki Lemhannas RI dapat memperkaya indeks ancaman nasional yang disusun BIN, sehingga indeks ancaman nasional yang disusun menjadi lebih spesifik dan berkualitas. Indeks tersebut nantinya dapat dijadikan sebagai panduan instansi dalam bekerja dan memelihara Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibnas).

“Kami juga berharap bisa ada kerja sama berkaitan dengan peningkatan di bidang pendidikan,” ujar Bambang. Dalam hal tersebut Bambang menyampaikan kemungkinan jajaran BIN untuk dimanfaatkan menjadi narasumber dan personel BIN bisa menjadi peserta pendidikan. Selain itu, Bambang juga menyampaikan kemungkinan kerja sama dalam menyusun kajian sehingga akan meningkatkan kualitas data, analisis, dan hasil kajian. “Tentunya ini akan berpengaruh terhadap kinerja kita, yang secara sinergi antar lembaga ini menjadi sangat penting sekali kedepannya,” tutur Bambang.

Menurut Agus, Lemhannas RI sangat terbuka atas kerja sama yang ingin dilakukan. Kerja sama yang dilakukan bukan hanya tentang saling menggunakan hasil akhir yang telah disusun, namun dari proses diskusi dan penyusunan. “Kami selalu terbuka apalagi yang berkaitan dengan fungsi dan peran Lemhannas RI untuk masuk di berbagai program pendidikan yang ada di Lemhannas, kerja sama peningkatan kapasitas, kami selalu terbuka,” kata Gubernur Lemhannas RI Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo.



Hak cipta © 2020 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749