Gubernur Lemhannas: Hasil Proses Kepemimpinan Terlihat Pada Organisasi dan Anggotanya

Gubernur Lemhannas RI Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo menjadi pembicara kunci pada Webinar Kepemimpinan Strategis Terkait Integritas Notaris Sebagai Pejabat Umum Dalam Menjalankan Jabatannya yang diselenggarakan oleh Pengurus Pusat Ikatan Notaris Indonesia (PP INI), Rabu (2/9).

“Hasil sebuah proses kepemimpinan tidak kita lihat pada pemimpinnya, tetapi pada organisasinya dan pada anggotanya,” kata Agus. Menurut Agus, hasil sebuah proses kepemimpinan dapat terlihat dari organisasi yang dipimpin apakah menjadi lebih efisien dan efektif atau sebaliknya. Selain itu, hasil sebuah proses kepemimpinan juga dapat dilihat dari anggotanya, apakah anggotanya menjadi lebih kompeten, terampil, dapat bekerja sama, dan mengikuti perkembangan jika dibandingkan dengan sebelumnya. Maka dapat dikatakan bahwa hasil proses kepemimpinan dilihat dari organisasi dan kinerja anggota pada pelaksanaan tugas pokok.

Oleh karena itu, Agus berpesan bahwa anggota Ikatan Notaris Indonesia perlu mempunyai kemampuan untuk membaca perkembangan lingkungan strategis dan mengantisipasi perubahan. Yang dimaksud dengan mampu mengantisipasi perubahan yakni, mengenai dinamika, mengenai peraturan perundang-undangan dan mengenai proses transformasi yang bersifat irasional.

Notaris sebagai pemimpin strategis perlu memiliki keluwesan atau fleksibilitas guna menyesuaikan diri dengan dinamika perubahan. “Perubahan sekarang ini begitu cepat dan begitu drastis, sehingga kalau kita terlena di dalam sikap bussiness as usual, kita bisa ketinggalan kereta,” ujar Agus.

Pada kesempatan tersebut Agus juga mengingatkan bahwa dalam menghadapi era digital, keahlian softskill sangat diperlukan. Hal tersebut juga berlaku bagi anggota Ikatan Notaris Indonesia, bahwa softskill akan sangat banyak digunakan dan diperlukan bagi para anggota Ikatan Notaris Indonesia di dalam melaksanakan tugasnya.



Hak cipta © 2020 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749