Pengukuhan dan Pelantikan Pengurus IKAL Komisariat Provinsi DKI Jakarta

Pengurus Ikatan Keluarga Alumni Lemhannas RI (IKAL) Komisariat Provinsi (Komprov) DKI Jakarta masa bakti 2020-2025 dikukuhkan dan dilantik bertempat di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat, (10/07).  “Saya sangat berharap Saudara terima ini sebagai suatu kehormatan, terima ini sebagai suatu kepercayaan. Ketika Saudara menerima kepercayaan dan kehormatan seperti ini, tekadkan di dalam hati akan berusaha tidak mengecewakan kepercayaan dan kehormatan,” ujar Ketua Umum IKAL Jenderal TNI (Purn) Agum Gumelar.

Pada kesempatan tersebut, Agum menyampaikan bahwa IKAL adalah suatu organisasi yang bercirikan berwatak pejuang dan berwatak negarawan. Sehingga apa yang ada di benak para pengurus dan para anggota adalah bagaimana bisa berpikir dan berbuat untuk kepentingan bangsa dan negara. Untuk itu Agum menyampaikan hal yang dapat dipedomani.

Agum mengingatkan para anggota IKAL untuk yakin bahwa di negeri ini tidak akan ada pemimpin yang menginginkan rakyatnya sengsara. Menurut Agum, yang ada adalah seni seorang pemimpin dalam mengenali dengan benar permasalahan yang dihadapi dan seni dalam mencari solusi dalam mengatasi masalah tersebut. “Tugas IKAL adalah bagaimana kita dapat memberikan sumbangsih pemikiran kepada pemimpin untuk mengenali dengan benar permasalahan yang dihadapi sekaligus memberikan solusi  bagaimana cara pemecahan,” ujar Agum.

Agum juga menyampaikan harapannya kepada seluruh anggota IKAL agar dewasa dalam berdemokrasi, dalam menghadapi kehidupan berbangsa dan bernegara dengan nuansa demokrasi. Dewasa berdemokrasi yang dimaksud adalah menyadari bahwa perbedaan dalam pemilihan bersifat sementara, perbedaan dalam pemilihan akan berakhir dan harus berakhir ketika pemilihan tersebut selesai. “Tugas sekarang dan ke depan adalah merajut kembali persatuan untuk bisa mengawal perjalanan bangsa Indonesia menuju ke yang dicita-citakan bangsa Indonesia,” kata Agum.

“Antara IKAL dan Lemhannas RI bisa dibedakan tetapi tidak bisa dipisahkan” kata Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia (Lemhannas RI) Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo mengawali sambutannya. Menurut Agus, reputasi dan nama lembaga, akan sangat ditentukan oleh kiprah dan perilaku para alumninya.

Pada kesempatan tersebut, Agus menyampaikan harapannya pada Pengurus IKAL Komprov DKI Jakarta agar dapat mengembang amanat dan menjalankan tugasnya dengan memberikan pengabdian terbaik. “Selamat dan semoga Pengurus IKAL Komprov DKI Jakarta mampu mengemban amanat dan tugasnya dalam memberikan pengabdian terbaik kepada  masyarakat, bangsa, dan negara,” tutur Agus.

“Saya berharap IKAL bisa menjadi salah satu simbol yang ikut mendorong hadirnya keadilan sosial dan ikut menjaga simbol-simbol persatuan yang ada di bangsa kita,” kata Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan, S.E., M.P.P., Ph.D. yang turut hadir dalam kesempatan tersebut. Anies menyampaikan bahwa republik ini didirikan karena ingin ada keadilan sosial, dan jika sudah ada keadilan sosial maka muncul persatuan. Anies juga menyampaikan harapannya pada Pengurus IKAL Komprov DKI Jakarta untuk dapat menjalankan amanat dengan sebaik-baiknya.

Pengukuhan dan pelantikan tersebut dilaksanakan berdasarkan pada Surat Keputusan Ketua Umum IKAL Nomor 01/VII/2020/IKAL Tentang Susunan Pengurus IKAL Komisariat Provinsi DKI Jakarta Masa Bakti 2020-2025.

Susunan Pengurus IKAL Komprov DKI Jakarta masa bakti 2020-2025 diketuai oleh Prof. Dr. Hj. Sylviana Murni, S.H.,M.Si., dengan Wakil Ketua I Irjen Pol M. Iqbal, S.I.K., M.H, Wakil Ketua II Dr. Edi Slamet Irianto, M.Si, dan Wakil Ketua III Isfan Fajar Satryo, S.E. Kemudian sebagai Sekretaris Dr. Dadang Solihin, S.E., M.A, Wakil Sekretaris I Dr. Ir. Peppy Fachrial, M.M, Wakil Sekretaris II H. Widodo Edi Sektianto, S.PI., M.M., dan Wakil Sekretaris III Dr. Bambang Utoyo, A.K., M.Si. Selanjutnya bertanggung jawab sebagai Bendahara, yaitu Dr. Agus Suparman, S.E., M.M, Wakil Bendahara I Dr. Eddy Ramontorong, S.E., M.Si, dan Wakil Bendahara II Brigjen TNI Dr. P. Theresia E.P.U., M.M.



Hak cipta © 2020 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749