Kunjungan Australia Defense Collage ke Lemhannas RI

Wakil Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) RI Marsekal Madya TNI Wieko Syofyan, mewakili Gubernur Lemhannas RI, menerima kunjungan Commander Australia Defense Collage (ADC) Mayor General Mick Ryan bertempat di Ruang Tamu Gubernur Lemhannas RI, Selasa, 3 Maret 2020.

Wieko dan Mick membuka pembicaraan mengenai Pusat Bahasa Indonesia yang bertempat di Melbourne. Pusat Bahasa Indonesia merupakan fasilitas bagi orang Indonesia yang belajar di Australia dan jika ada orang Australia yang ingin belajar di Indonesia bisa terlebih dahulu belajar Bahasa Indonesia di Pusat Bahasa Indonesia.

Selanjutnya Wieko dan Mick Ryan bertukar informasi mengenai sumber daya manusia (SDM) yang terdapat pada masing-masing instansi. “Tenaga Profesional terdiri dari sipil dan militer yang sudah pensiun,” kata Wieko menjelaskan mengenai Tenaga Profesional (Taprof) Lemhannas RI. Selanjutnya Wieko menjelaskan bahwa Taprof di Lemhannas RI sangat bermanfaat dalam memberikan masukan-masukan pada perkembangan teknologi yang ada.

Selain hal tersebut, para Taprof juga menguasai bidang teknologi pertahanan dan sangat mengharapkan pengetahuan dari para Taprof yang sudah memiliki banyak pengalaman. Wieko juga menjelaskan bahwa partisipan di Lemhannas berasal dari berbagai latar belakang yakni TNI, Polisi RI, dan akademisi, sipil. 

Setelah berdiskusi mengenai SDM, Mick Ryan menjelaskan bahwa saat ini ADC sedang mengembangkan teknologi pembelajaran siswa, yakni Scientific Fiction. Hal tersebut dimaksudkan agar bisa melatih imajinasi dalam berbagai hal. “Setiap tahun ada teknologi baru dengan Scientific Fiction yang baru, kita sedang mengeksplorasi berbagai teknologi baru,” kata Mick. Kemudian partisipan di ADC juga berasal dari berbagai latar belakang, sama seperti Lemhannas RI.

Kemudian Mick Ryan menjelaskan bahwa ADC sedang berusaha keras untuk meningkatkan berbagai lapangan pelayanan publik. Menurutnya, pendekatan pelayanan publik di Indonesia dapat dilakukan di berbagai departemen di Australia. 

Dalam kunjungan tersebut, Wieko didampingi oleh Kepala Biro Kerja Sama dan Hukum Laksamana Pertama TNI Budi Setiawan, S.T. dan Kepala Bagian Kolonel Edy Supriyanto, S.T. sedangkan Mick Ryan didampingi oleh Direktur Kebijakan Internasional Departemen Pertahanan Australia Sarah Russell-Farnham.



Hak cipta © 2024 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749