Bambang Brodjonegoro: Pentingnya Kemitraan Triple Helix

“Ekosistem yang lengkap bisa terbentuk kalau sudah ada kemitraan 3 pihak yang kuat, triple helix,” kata Menteri Riset dan Teknologi / Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (Kemenristek/BRIN) Prof. Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro, Ph.D. saat memberikan materi pada peserta Program Pendidikan Reguler Angkatan (PPRA) 61 melalui conference call, Selasa, 31 Maret 2020.

Bambang memberikan penjelasan mengenai 5 arahan presiden yang terkait dengan upaya Indonesia untuk mengembangkan riset dan inovasi. Tentunya riset dan inovasi tersebut harus didukung oleh sumber daya manusia yang mumpuni dan menjadi topik utama kabinet Indonesia Maju. Inovasi yang dituju bukan hanya menciptakan sesuatu yang baru, tetapi inovasi yang langsung berdampak terhadap daya saing ekonomi Indonesia. Selain itu inovasi juga tidak hanya demi pertumbuhan, namun juga untuk memecahkan isu pemerataan. Isu pemerataan tidak hanya dalam bidang ekonomi, namun juga turut serta menjaga lingkungan hidup yang lebih bekelanjutan. Hal tersebut dilakukan juga untuk mendorong transformasi ekonomi.

Untuk menunjang tujuan tersebut, salah satu hal yang akan dilakukan adalah melakukan integrasi dari kegiatan penelitian dan pengembangan yang saat ini tersebar di berbagai kementerian dan lembaga. Menurut Bambang sebaiknya kegiatan penelitian dan pengembangan yang terpisah tersebut bisa diintegrasikan semuanya ke dalam Kemenristek/BRIN.

“Namun, kita belum memiliki ekosistem yang lengkap akan inovasi itu sendiri dimana ekosistem yang lengkap bisa terbentuk kalau sudah ada kemitraan 3 pihak yang kuat, triple helix,” kata Bambang. Triple helix adalah gambaran kemitraan antara dunia penelitian (akademisi), dunia swasta (usaha) sebagai pihak yang memanfaatkan hasil penelitian, dan pemerintah yang memfasilitasi terjadinya inovasi.

Saat ini ekosistem belum berjalan baik karena masing-masing pihak masih berjalan sendiri-sendiri. “Triple helix akan terus menjadi fokus untuk memperkuat ekosistem inovasi,” ujar Bambang.

 



Hak cipta © 2024 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749