Wakil Gubernur Wieko Syofyan Pimpin Upacara Bendera Bulanan Lemhannas RI

Senin  (17/02), Lemhannas RI menyelenggarakan upacara bendera rutin yang dilaksanakan setiap bulan di lapangan tengah Lemhannas RI. Upacara kali ini dipimpin oleh Wakil Gubernur Lemhannas RI Marsdya TNI Wieko Syofyan selaku inspektur upacara dan diikuti oleh para Deputi, Tenaga Pengajar, Tenaga Pengkaji, Tenaga Professional, Pejabat Struktural Lemhannas RI, peserta PPRA 59, serta seluruh anggota Lemhannas RI.

Pada kesempatan tersebut, Wakil Gubernur yang membacakan amanat Gubernur menyampaikan bahwaWHO telah menetapkan wabah virus corona (COVID-19) sebagai Global Emergency atau keadaan darurat global atas merebaknya kasus tersebut pada hampir 27 negara. Berdasarkan data yang dirilis oleh WHO pada 11 Februari 2020, virus tersebut telah menjangkiti hingga 43 ribu orang dan menewaskan 1.018 orang. Merespons hal tersebut, diimbau kepada seluruh anggota Lemhannas RI untuk meningkatkan kewaspadaan dan mengantisipasi segala kemungkinan dengan selalu mengutamakan dan menjaga kesehatan. 

Kemudian dalam kaitannya dengan program kerja tahun anggaran 2020, Kedeputian Bidang Pendidikan Lemhannas RI pada tahun ini melaksanakan dua agenda besar program pendidikan reguler angkatan (PPRA), pertama yakni PPRA 60 yang telah dibuka pada tanggal 21 Januari 2020 dan saat ini memasuki masa off campus. Selain itu, pada Maret 2020 nanti Lemhannas RI juga akan menyelenggarakan PPRA 61. Sejalan dengan Kedeputian Pendidikan, Kedeputian Pengkajian Strategik Lemhannas RI saat ini juga tengah fokus menyiapkan kajian-kajian komprehensif dengan diadakannya rangkaian kegiatan Focus Group Discussion (FGD). Terkait dengan hal tersebut, Gubernur Lemhannas RI berharap hasil kajian dapat digunakan sebagai rekomendasi kebijakan yang disampaikan kepada  pimpinan nasional dapat bernilai strategis dan bermanfaat dalam penetapan kebijakan nasional.

Selain itu, dalam bidang Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan saat ini tengah melaksanakan kegiatan Taplai Angkatan IV bagi anggota KADIN yang berlangsung sejak tanggal 17 hingga 23 Februari 2020. Dan pada Maret 2020 nanti akan diselenggarakan Dialog wawasan kebangsaan yang akan berlangsung di D.I.Yogyakarta dan Provinsi Jawa Barat .

 

Hal lain yang perlu dijadikan perhatian adalah terkait pengawasan dan pemeriksaan akuntabilitas pelaksanaan program kerja dan anggaran Lemhannas RI tahun anggaran 2019 oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI. Entry meeting yang telah diadakan pada 31 Januari 2020 lalu merupakan penanda telah dimulainya pengawasan dan pemeriksaan pengelolaan keuangan negara yang akan dilaksanakan selama 75 hari kerja. 

Dalam mengakhiri amanat tersebut, Wakil Gubernur Wieko Syofyan menyampaikan bahwa Gubernur berharap agar seluruh jajaran unit kerja yang menjadi objek pemeriksaan turut proaktif membantu kelancaran tugas tim auditor BPK RI dengan memberikan dokumen dan data dukung yang dibutuhkan. Sehingga institusi ini dapat mempertahankan prestasi dengan kembali meraih opini “wajar tanpa pengecualian”.



Hak cipta © 2024 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749