Evaluasi Dampak T.O.T Lemhannas Alumni Harus Kreatif

Kedeputian Bidang Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan Lemhannas RI menyelenggarakan kegiatan Evaluasi Dampak terhadap para Alumni program Training of Trainers (ToT) Nilai-Nilai Kebangsaan atau sekarang disebut Pelatihan Untuk Pelatih (P.U.P), Kamis (11/4). Program ToT Nilai-Nilai Kebangsaan Lemhannas RI yang akan di evaluasi tersebut telah dilaksanakan di Palembang Sumatera Selatan pada tahun 2018 lalu.

Bertempat di Hotel Novotel Palembang, kegiatan Evaluasi Dampak dibuka oleh Deputi Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan Mayor Jenderal TNI (Marinir) Guntur Irianto Cipto Lelono, S.E. Dalam sambutannya, Guntur menyampaikan bahwa Evaluasi Dampak ditujukan untuk mengukur efektivitas keberhasilan program ToT yang telah diselenggarakan oleh Lemhannas. 

Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Sumatera Selatan Fitriana, S.Sos., M.Si. yang juga hadir pada kegiatan ini menyampaikan bahwa para alumni perlu menjaga netralitas selama masa tahapan pemilu mengingat latar belakang peserta yang sangat beragam. Selain itu, alumni dituntut untuk lebih meningkatkan peran dan kontribusinya secara lebih kreatif dalam mengimplementasikan hasil ToT, tanpa harus bergantung pada pemerintah pusat dan daerah.

Sementara itu, Ketua Alumni ToT Nilai-Nilai Kebangsaan Provinsi Sumatera Selatan Angkatan I yaitu Ali Palita menyatakan bahwa sudah banyak alumni ToT yang melaksanakan sosialisasi nilai-nilai kebangsaan di komunitasnya masing-masing, seperti di sekolah-sekolah dan universitas. Ali Palita mengatakan bahwa Alumni ToT merasa sangat bangga menjadi bagian dari Lemhannas dan berharap rasa kebersamaan di antara seluruh alumni Lemhannas yang berdomisili di Sumatera Selatan akan terus meningkat.

Acara ini dihadiri oleh 80 orang peserta yang meliputi 40 orang alumni dan 40 orang peserta dari lingkungan alumni, dengan latar belakang para birokrat, akademisi, widyaiswara dan tokoh masyarakat.

Turut hadir dalam kegiatan Evaluasi Dampak di Palembang yaitu Direktur Renbang Taplai Brigjen Pol Drs. Sumadi, M.Si., Direktur P.U.P Taplai Brigjen Pol Drs. Mulyatno, S.H., M.M., serta Kepala Biro Sumber Daya manusia Polda Sumatera Selatan Kombes Pol Anthony Agustinus S.IK, S.H.



Hak cipta © 2024 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749