PPRA 59 Mengikuti Olah Sismennas ke-48

“Maksud kegiatan Olah Sismennas adalah untuk mentransformasikan pola pikir yang bulat dan utuh dalam penyelenggaraan pemerintahan dengan menggunakan pendekatan Wawasan Nusantara dan Ketahanan Nasional,” ujar Deputi Bidang Pendidikan Pimpinan Tingat Nasional Mayjen TNI Karsiyanto dalam upacara pembukaan Olah Sismennas ke-48, Selasa (30/7).

 

Peserta Program Pendidikan Reguler Angkatan (PPRA) 59 Tahun 2019 Lemhannas RI mengikuti kegiatan Olah Sistem Manajemen Nasional (Sismennas) ke-48 dengan tema Koordinasi Lintas Sektoral Aparatur Pemerintah dan Pemangku Kepentingan Terkait dalam rangka Menghadapi Tantangan Sustainable Development Goal’s (SDG’S) di Era Revolusi Industri 4.0, Selasa (30/7) sampai Jumat (2/8).

 

“Olah Sismennas juga bertujuan untuk melatih peserta dalam proses penyelenggaran negara, mengambil keputusan dalam kondisi kritis, dan membuat kebijakan strategi dalam rangka memecahkan permasalahan nasional yang faktual secara komprehensif,” lanjut Karsiyanto. Olah Sismennas adalah kegiatan latihan simulasi hubungan kerjasama, koordinasi, dan sinkronisasi antar lembaga dalam menghasilkan dan mengoperasionalkan suatu kebijakan pemerintah. Sehingga tercipta kebijakan pembangunan nasional yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan rakyat dapat terselenggara secara sinergis, efektif, dan efisien serta membawa manfaat sebesar-besarnya bagi masyarakat.

 

Dalam pelaksanaan Olah Sismennas ke-48, para peserta PPRA 59 berperan sebagai pejabat kementerian dan diorganisir kedalam delapan kementerian, yaitu Kementerian Agama (Kemenag), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti), Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Kementerian Sosial (Kemensos), Kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT), Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPPA), serta Kementerian Pemuda dan Olah Raga (Kemenpora).

 

“Semoga apa yang telah diperoleh selama kegiatan Olah Sismennas ini, dapat menjadi bekal bagi seluruh peserta dalam penugasan masing-masing nantinya,” kata Karsiyanto dalam sambutannya pada upacara penutupan Olah Simennas ke-48 bertempat di Ruang Dwiwarna Gedung Pancagatra, Jumat (2/8).



Hak cipta © 2024 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749