Agus Widjojo Ingatkan Abdi Negara Harus Bersikap Netral dalam Pemilu

Lemhannas RI kembali menyelenggarakan Upacara Bendera di Ruang Dwi Warna Purwa, Gedung Pancagatra, Lemhannas RI, Senin (18/2). Upacara bendera yang rutin dilaksanakan setiap bulan kali ini diselenggarakan di dalam ruangan karena cuaca yang tidak mendukung. Upacara bendera yang dilaksanakan di dalam ruangan tersebut tak membuat semangat antusiasme dan rasa nasionalisme para pejabat serta seluruh jajaran Lemhannas RI  berkurang.

Gubernur Lemhannas RI Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo yang bertindak sebagai Inspektur Upacara menghimbau para peserta upacara untuk menjaga kesehatan disaat cuaca telah memasuki bulan penghujan sejak Januari lalu. “Peserta upacara yang saya hormati, kita ketahui bersama. Saat ini cuaca di wilayah Indonesia khususnya DKI Jakarta dan sekitarnya telah memasuki musim penghujan sejak bulan Januari yang lalu. Melihat kondisi cuaca tersebut kita perlu mewaspadai dan mengantisipasi berbagai kemungkinan dampak yang akan terjadi di sekitar kita. Oleh karena, itu saya menghimbau kepada seluruh anggota Lemhannas RI, untuk senantiasa mengutamakan kesehatan serta keselamatan diri ketika menghadapi musim penghujan yang berpotensi terjadinya genangan air, banjir bahkan tanah longsor” ujar  Agus Widjojo di awal amanatnya.

Selain itu, Agus Widjojo juga menyampaikan perihal program kerja Lemhannas RI dalam bidang pendidikan, pengkajian strategic, serta pemantapan nilai-nilai kebangsaan. “Lemhannas RI dalam program kerja dan anggaran tahun 2019 ini, telah merencanakan berbagai kegiatan program sesuai  tugas pokok, fungsi dan peran Lemhannas RI dalam bidang pendidikan. Lemhannas RI pada tahun ini melaksanakan program pendidikan reguler angkatan ke LIX, yang telah dibuka pada tanggal 22 januari 2019,” terang Agus Widjojo.

“Selain itu dilaksanakan juga program pendidikan singkat angkatan XXII rencananya  yang dilaksanakan pada tanggal 26 maret 2019 serta program pemantapan pemimpinan daerah angkatan X yang rencananya akan dibuka tanggal 3 september 2019 ” tambah Agus Widjojo di hadapan para peserta upacara.

Dalam bidang pengkajian strategik, Agus Widjojo mengatakan bahwa Lemhannas RI telah merencanakan pelaksanaan berbagai kajian dari berbagai bidang baik dalam jangka pendek maupun jangka Panjang. Hasil kajian yang bersifat strategis diharapkan dapat disampaikan kepada presiden sebagai bentuk masukan dalam pengambilan kebijakan.

Selebihnya, dalam bidang pemantapan nilai-nilai kebangsaan, Agus Widjojo mengatakan bahwa telah dilaksanakan konsoldasi sehingga diharapkan program pemantapan nilai-nilai kebangsaan  dapat berjalan dan sasaran yang telah ditetapkan.

Melihat perkembangan suhu politik belakangan ini, Agus Widjojo juga  mengingatkan kepada seluruh abdi negara baik yang berasal dari TNI, POLRI maupun aparatur sipil negara agar  mampu bersikap netral di tengah kalangan masyarakat “Sebelum mengakhiri amanat ini, saya mengingatkan bahwa penyelenggaraan pemilihan presiden dan wakil presiden serta pemilihan anggota legislatif DPR RI, DPD RI dan DPRD tahun 2019 semakin dekat. Dengan semakin meningkatnya suhu politik yang berkembang di masyarakat, saya mengingatkan kembali bahwa sebagai abdi negara baik berasal dari TNI, POLRI maupun aparatur sipil negara mampu bersikap netral, di tengah masyarakat meskipun seorang aparatur sipil negara memiliki hak politik dalam memberikan suara pada hari pemungutan suara nanti,” pungkas Agus Widjojo.



Hak cipta © 2024 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749