Peringati Hari Pahlawan, Lemhannas RI Gelar Upacara Bendera

Lemhannas RI menggelar Upacara Peringatan Hari Pahlawan bertempat di Lapangan Tengah Lemhannas RI, Senin (11/11). Gubernur Lemhannas RI Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo bertindak sebagai inspektur upacara dan membacakan amanat Menteri Sosial Juliari Peter Batubara.

Dalam amanatnya, Menteri Sosial menyampaikan bahwa peristiwa pertempuran 10 November 1945 di Surabaya adalah salah satu momen paling bersejarah dalam merebut kemerdekaan Indonesia. Peristiwa tersebut adalah sebagai pengingat bahwa kemerdekaan saat ini tidaklah datang begitu saja, namun memerlukan perjuangan dan pengorbanan dari para pendahulu negeri. “Dengan peringatan hari pahlawan, diharapkan kita akan lebih menghargai jasa dan pengorbanan para pahlawan,” kata Agus membacakan amanat Menteri Sosial.

Mengangkat tema “Aku Pahlawan Masa Kini”, Agus menyampaikan bahwa peringatan hari pahlawan juga menjadi momentum untuk membangkitkan semangat anak-anak bangsa untuk berinovasi dan menjadi pahlawan masa kini. Bentuk aksi nyata pahlawan masa kini yang dapat dilakukan adalah dengan memperkuat keutuhan NKRI seperti menolong sesama yang terkena musibah, tidak melakukan provokasi, tidak menyebarkan hoaks, serta menjaga ketertiban umum. Selain itu anak-anak bangsa diharapkan menjadi pahlawan dengan menorehkan prestasi, memberikan kemaslahatan bagi masyarakat, dan membawa harum nama bangsa di mata dunia internasional.

“Peringatan Hari Pahlawan kiranya dapat meningkatkan kesadaran kita untuk lebih mencintai tanah air dan menjaganya sampai akhir hayat,” ungkap Agus. Imbauan-Imbauan juga diberikan antara lain untuk tidak membiarkan pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab merusak persatuan dan kesatuan bangsa, kemudian tidak membiarkan Indonesia terkoyak, tercerai-berai, terprovokasi, dan berkonflik satu sama lain.

“Mari kita maknai Hari Pahlawan ini dengan wujud nyata, bekerja dan bekerja membangun negeri menuju Indonesia maju,” ajak Agus. Kemudian Agus juga menegaskan bahwa Hari Pahlawan bukan hanya bersifat seremonial semata, tapi harus diisi dengan berbagai aktivitas yang menyuburkan rasa nasionalisme dan meningkatkan rasa kepedulian untuk menolong sesama yang membutuhkan. “Jadilah pahlawan masa kini yang membanggakan negeri,” ucap Agus menyelesaikan pembacaan amanat Menteri Sosial.

Upacara Peringatan Hari Pahlawan tersebut diikuti oleh para pejabat struktural Lemhannas RI, para tenaga ahli pengajar, pengkaji, dan profesional, para peserta Program Pemantapan Pimpinan Daerah Angkatan (P3DA) X serta segenap personel Lemhannas RI.



Hak cipta © 2024 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749