Lemhannas RI Selenggarakan Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila

Lemhannas RI mengadakan Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila bertempat di Lapangan Tengah Lemhannas RI, Selasa (1/10). Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini diikuti oleh seluruh anggota Lemhannas RI dan dipimpin oleh Wakil Gubernur Lemhannas RI Marsekal Madya Wieko Syofyan yang bertindak sebagai inspektur upacara.

Dalam upacara tersebut dibacakan Teks Pancasila, Naskah Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945, dan Naskah Ikrar. Dalam Ikrar tertulis bahwa peserta upacara membulatkan tekad untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila diselenggarakan sesuai dengan Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 153 tahun 1967 tentang Penetapan Tanggal 1 Oktober Sebagai Peringatan Hari Kesaktian Pancasila. Upacara tersebut menjadi momen untuk mengajak para peserta agar melalui peringatan Hari Kesaktian Pancasila, semua pihak diharapkan dapat melakukan refleksi nilai-nilai yang terkandung di dalam Pancasila. Pemahaman terhadap nilai-nilai luhur pancasila berguna untuk memperkokoh jati diri dan karakter bangsa dalam rangka mewujudkan tatanan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara dalam suasana damai, toleran, dan saling menghargai, dengan dijiwai semangat kepahlawanan khususnya pahlawan-pahlawan revolusi.



Hak cipta © 2019 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749