Menhan Berikan Ceramah ke PPRA 59

Menteri Pertahanan RI Ryamizard Ryacudu berkesempatan memberikan materi kepada peserta PPRA 59 pada Selasa, (21/05) di ruang NKRI, Gedung Panca Gatra Lantai 3, Lemhannas RI dengan topik “Kebijakan Strategi Pertahanan dan Keamanan Negara dalam Menghadapi Berbagai Tantangan Indonesia Saat Ini dan ke Depan yang Semakin Dinamis dan Kompleks”.

 
Dalam ceramahnya tersebut, Ryamizard berharap kuliah umum ini dapat membangkitkan pemikiran dan komitmen bersama dalam mewujudkan pertahanan negara yang tangguh melalui sistem pertahanan negara yang bersifat semesta yang memadukan komponen pertahanan yang berlandaskan jiwa dan harkat bangsa Indonesia yang didukung oleh kekuatan TNI serta alat utama sistem persenjataannya (alutsista).

 
Berkaitan dengan kebijakan alutsista, Menhan menyatakan tengah berfokus untuk membangun industri pertahanan agar tercipta kemandirian yang mendukung pertumbuhan ekonomi nasional. “Penentuan kebutuhan alutsista pertahanan negara harus disesuaikan dengan strategi pertahanan negara saat ini. Artinya, harus ada kesesuaian antara hakekat dan potensi ancaman yang kita hadapi dengan kebutuhan alutsista yang akan diberi atau dipenuhi”, ungkap Ryamizard.

 
Dalam merumuskan strategi pertahanan harus mengacu pada perkembangan kondisi aktual potensi ancaman negara masa kini dan masa yang akan datang. Dari persepsi ancaman tersebut, Kemenhan akan merumuskan dan menetapkan kebijakaan pertahanan negara yang pelaksanaannya akan melibatkan semua komponen bangsa.

 
“Saat ini setidaknya ada tiga bentuk ancaman, pertama ancaman bentuk nyata dari terorisme & radikalisme, separatis & pemberontakan, bencana alam & lingkungan, pelanggaran wilayah perbatasan, perompakan & pencurian sumber daya alam,wabah penyakit, perang siber & intelijen, dan narkoba. Kedua adalah ancaman bentuk belum nyata, yaitu konflik terbuka atau perang konvensional. Dan yang terakhir adalah ancaman mindset yang ingin mengubah ideologi Pancasila melalui brain washing”, jelas Ryamizard.



Hak cipta © 2024 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749