Lemhannas RI Gelar Seminar Nasional Diatas KRI Banda Aceh

Gubernur Lemhannas RI, Prof. Dr. Budi Susilo Soepandji, D.E.A mengatakan pertama kali Lemhannas RI mengadakan acara Seminar Nasional mengangkat Tema “Mewujudkan Poros Maritim Dunia Guna Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Dalam Rangka Memperkokoh Ketahanan Nasional” di atas KRI Banda Aceh dari Pelabuhan Tanjung Priok menuju sekitaran Teluk Jakarta, Kamis (22/10).

“Untuk pertama kalinya seminar dilakukan di atas kapal perang Republik Indonesia (KRI). Biasanya Lemhanas diskusinya selalu di darat,” ucap Budi. 

Lebih lanjut Budi menuturkan tema kegiatan seminar di atas KRI Banda Aceh adalah buah pemikiran dari Program Pendidikan Singkat Angkatan (PPSA) XX Lemhannas RI, yang dapat memberikan wawasan kebangsaan kepada peserta yang diantaranya berasal dari peserta PPSA XX Lemhannas RI, PPRA 53, civitas akademika.

Selain itu tambah Budi kapal tempat penyelenggaraan seminar bertipe Landing Platform Dock dengan panjang 125 meter lebar 22 meter berkecepatan maksimum 14 knot ini adalah merupakan hasil karya anak bangsa.

“Pemilihan KRI Banda Aceh sebagai tempat seminar adalah pilihan cerdas. Karena RI Banda Aceh diproduksi anak bangsa pada 2010. Semangat anak bangsa ketika membuat kapal ini akan memotivasi peserta seminar untuk memunculkan ide-ide terkait poros maritim,” kata Budi.

Tidak hanya itu saja, sambung Budi, seminar ini memiliki nilai penting bagi peserta guna mengelaborasikan pengalaman secara komprehensif melalui penyusunan naskah seminar melalui tema yang ditetapkan. “Kami harus paham bahwa pembangunan poros maritim adalah tema utama pembangunan nasional,” tutup Budi.



Hak cipta © 2021 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749