Komitmen Menuju Lembaga Bertaraf Internasional

Kamis (5/11), Gubernur Lemhannas RI membuka diskusi refocusing World Class Institutional (WCI) Lemhannas 2015-2024 yang dipaparkan oleh Tim Pokja WCI dengan komitmen untuk menguat peran dengan menetapkan arah strategis menuju lembaga berkelas dunia yang telah dirancang dari tahun 2011 diharapkan dapat menyamakan pemikiran/pandangan mengenai WCI tersebut.

Terdapat tiga perubahan yang diharapkan Lemhannas dapat menjadi lembaga yang bertaraf internasional diantaranya, Key Performance Indicator (KPI)  yang menyangkut kurikulum, modul, kehadiran dan partisipasi peserta dari negara sahabat, kualitas dan aksesibilitas publik terhadap kajian, jurnal dan publikasi yang dihasilkan Lemhannas RI, kualitas tenaga ahli pengkaji, pengajar dan tenaga profesional serta kualitas narasumber yang merupakan motor penggerak proses pendidikan dan pengkajian, Infrastruktur non fisik yang menyangkut regulasi terkait keberadaan Lemhannas RI sebagai lembaga kelas dunia, capacity building (SDM), kelembagaan dan ketatalaksanaan), political will para pemangku kepentingan dan ketersediaan anggaran yang memadai serta Infrastruktur fisik yang menyangkut lahan dan gedung, fasilitas Informasi dan teknologi .

Dalam diskusi tersebut, "untuk mewujudkan lembaga yang bertaraf internasional membutuhkan rujukan kurikulum yang jelas dan penajaman grand design dan organisasi  dengan acuan prioritas lembaga” ujar Deputi Pendidikan Tingkat Nasional Lemhannas RI Mayjen TNI (Purn) Nasir Majid. Menyambung tanggapan  tersebut Deputi Pengkajian Strategik Prof. Dr. Ir. Djagal Wiseso Marseno, M.Agr menambahkan, " akselerasi WCI harus memiliki sinkronisasi antara visi dan misi secara eksplisit (bagi konseptor dan aktor) harus diperhatikan outcome dari penerapan tiga perubahan (KPI, Infrastruktur Non fisik, dan infrastruktur fisik)".

Kondisi Lemhannas RI menuju WCI dapat dicapai dengan komitmen yang kuat dari pimpinan serta dukungan dan partisipasi aktif dari seluruh anggota Lemhannas RI yang dilaksanakan secara konsisten dan berkelanjutan, dalam proses pencapaian menuju World Class Institute, sasaran yang telah ditetapkan dari setiap tahapan dapat disesuaikan dengan tantangan perkembangan lingkungan strategis.  Dengan demikian terwujudnya Lemhannas RI sebagai Lembaga berkelas dunia sekaligus membuka peluang untuk berkompetisi di kancah persaingan global dengan memahami  aspek penting yaitu SDM, proses belajar-mengajar, sarana dan prasarana, hasil kajian, kualitas lulusan, jaringan kerja sama, dan persepsi masyarakat.



Hak cipta © 2024 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749