Revisi Kurikulum PPRA 2016

Selasa (24/11), Konsisten dan saling sinergis dalam menanamkan nilai-nilai kebangsaan serta mengevaluasi mengenai kualitas dan kuantintas bidang pendidikan dalam memantapkan nilai pancasila dalam mengantisipasi lingkungan strategis pendidikan.  Langkah strategis terkait kurikulum 2016 akan dilakukan perubahan masa pendidikan Program Pendidikan Reguler Angkatan (PPRA) yang sebelumnya berlangsung selama 7,5 bulan dikompres menjadi 7 bulan dalam rangka mengefektifkan proses pendidikan yang relevan dengan tujuan dan sasaran pendidikan.

“Perlu penataan kurikulum tahun 2016 dan materi disesuiakan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi diharapkan peserta natinya dapat berpikir secara holistik dan mengetahui arah permasalahan sehingga para peserta dapat mengimplementasikan berdasarkan materi yang telah diberikan sehingga PPRA akan lebih baik dan efektif dari PPRA sebelumnya”, ujar Deputi Pendidikan Tingkat Nasional Nasir Majid.

Untuk penceramah, tutor, narasumber, dan materi dalam pendidikan baik dri dalam dan luar Lemhannas RI perlu dioptimalkan sesuai standar kompetensi. Kurikulum berbasis kompetensi, kompetensi yang dituntut adalah Knowledge, skill, dan attitude sebagai unsur dasar dari kompetensi. Diharapkan PPRA 2016 siap dan lebih baik.

Tambahan, Termasuk salah satu tolak ukur dalam pendidikan adalah kepribadian. Secerdas apapun seseorang kalau kepribadiannnya tidak sesuai maka hasil menjadi tidak bagus. Untuk itu pembobotan dalam kepribadian dilakukan peningkatan. Rapat yang dilaksanakan di Ruang Kresna Lt.IV Astagatra membahas kurikulum 2016 dihadiri oleh Wakil Gubernur Lemhannas RI Masrda TNI Bagus Puruhito, S.E., M.M, para Deputi, para Tenaga Ahli Pengajar, Tenaga Ahli Pengkaji, Tenaga Ahli Profesional, serta para Pejabat Struktural Lemhannas.



Hak cipta © 2024 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749