Lemhannas RI dan BPK Luncurkan Sistem Informasi Pemantauan Tindak Lanjut (SIPTL) Lemhannas RI


“Kami dengan Sekretaris Utama Lemhannas RI Komjen Pol. Drs. R. Z. Panca Putra S., M.Si. berkomitmen untuk melakukan pembetulan karena Lemhannas memiliki tugas untuk membina calon pejabat nasional,” ujar Plt. Gubernur Lemhannas RI Laksdya TNI Maman Firmansyah di Kapal KRI Semarang 594. Di tengah acara musyawarah Perencanaan Pembangunan, Lemhannas RI bersama BPK meluncurkan Sistem Informasi Pemantauan Tindak Lanjut (SIPTL) pada Selasa (6/2). Hal tersebut merupakan upaya Lemhannas RI untuk terus berkolaborasi dalam mewujudkan pemerintahan yang akuntabel.

Melalui SIPTL, pemantauan terhadap tindak lanjut rekomendasi perbaikan hasil pemeriksaan keuangan akan menjadi lebih efisien. Dengan adanya aplikasi tersebut, tindak lanjut oleh Lemhannas RI maupun pemantauan oleh BPK RI dapat dilakukan kapan dan di mana saja serta mampu menghasilkan data yang real time secara lebih akurat karena dokumentasi, administrasi, pengolahan dan penyerahan data atau dokumen fisik dapat dilakukan dalam satu aplikasi.

Melalui peluncuran aplikasi SIPTL hari ini, Lemhannas RI berkomitmen memanfaatkan aplikasi tersebut secara maksimal dan optimal sebagai bukti integritas Lemhannas RI dalam meningkatkan tata kelola keuangan dan kinerja Lemhannas RI.

Dalam sambutannya, Anggota BPK 1 selaku Pimpinan Pemeriksaan Keuangan Negara 1 Bapak Nyoman Adhi Suryadnyana, S.E., M.E., M.Ak., CSFA., CertDA., CGCAE menyatakan bahwa Lemhannas RI, yang menyelenggarakan pendidikan, memiliki arti sangat penting dalam mendidik calon pemimpin masa depan.

Pada kesempatan tersebut, Nyoman Adhi menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Plt. Gubernur Lemhannas RI beserta jajaran yang telah menjalankan peluncuran SIPTL. Hal tersebut menunjukkan suatu komitmen bagaimana Lemhannas RI ingin memperbaiki tata kelolanya untuk menjadi institusi yang akuntabel dan transparan.

Dengan adanya sistem digitalisasi tersebut, diharapkan akan menghasilkan data analitik untuk mengambil keputusan yang akurat. “Bahwa Lemhannas RI pada saatnya nanti akan menjadi lembaga tertinggi sebagai thinker untuk menghasilkan thinker terbaik,” pungkas Nyoman Adhi mengakhiri sambutannya. (SP/CHP)



Hak cipta © 2024 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749