Plt. Gubernur Lemhannas RI Bertindak Sebagai Pembicara Kunci pada Webinar Nasional IKABNAS

Plt. Gubernur Lemhannas RI Laksdya TNI Maman Firmansyah menjadi pembicara kunci pada kegiatan Webinar Nasional yang digagas oleh Ikatan Keluarga Alumni Kebangsaan Lemhannas (IKABNAS) dengan tema “Peran Generasi Muda dalam Mewujudkan Kejayaan Indonesia Emas” pada Rabu (22/11), secara virtual.

Dalam kesempatan tersebut, Maman Firmansyah menghaturkan rasa terima kasihnya pada Alumni Kebangsaan Lemhannas RI atas webinar nasional yang diselenggarakan. Dirinya berharap kegiatan webinar tersebut dapat memberikan inspirasi bagi para Alumni Kebangsaan Lemhannas RI dan para pemuda, baik pelajar maupun mahasiswa agar terus bermimpi dan berkarya untuk Indonesia.

“Pemuda merupakan sumber daya manusia utama dalam pembangunan berkelanjutan, pembangunan ekonomi, inovasi teknologi, dan agen perubahan sosial,” kata Maman Firmansyah.

Maman Firmansyah mengatakan bahwa pemuda juga merupakan salah satu kekuatan dalam kelangsungan kehidupan berbangsa dan bernegara dari segala aspek. Selain itu, ia juga menyampaikan perjuangan bangsa Indonesia yang melibatkan peran penting pemuda.

Peran penting pemuda dalam sejarah bangsa Indonesia sudah dimulai sejak pergerakan Budi Utomo tahun 1908, lalu sumpah pemuda tahun 1928, proklamasi kemerdekaan 1945, pergerakan pemuda, pelajar, dan mahasiswa tahun 1966 sampai pergerakan mahasiswa tahun 1998. Hal tersebut telah membuktikan bahwa peran pemuda mampu memengaruhi proses perjuangan, pembaruan, dan pembangunan bangsa.

Kemudian, Maman Firmansyah menyebut bahwa pemuda merupakan generasi yang kreatif, tak kenal batas, dan gigih dalam mengejar tujuannya. Kecepatan dalam menggunakan teknologi internet juga menjadi karakteristik pemuda.

Hal tersebut merupakan ciri-ciri globalisasi yang menciptakan suatu perubahan kemajuan, perkembangan teknologi dan produksi ekonomi yang saling bergantung sehingga meningkatkan masalah bersama serta adanya aktivitas interaksi dan pertukaran budaya.

Sejalan dengan hal tersebut, para pemuda dituntut harus selalu meningkatkan keterampilan dan keahliannya melalui pendidikan dan soft skill agar tidak tertinggal. Maman Firmansyah melihat bahwa urgensi peran pemuda semakin dibutuhkan mengingat Indonesia saat ini tengah bersiap untuk memasuki tahap awal bonus demografi yang diharapkan puncaknya terjadi pada tahun 2030.

Terkait  bonus demografi, Maman Firmansyah melihat hal tersebut menjadi modal bagi negara dalam rangka melakukan akselerasi pembangunan nasional karena jumlah penduduk usia produktif lebih besar dibandingkan dengan usia non produktif. Untuk itu, bonus demografi harus mendapatkan perhatian dan dukungan dari berbagai pihak agar dapat terwujud tatanan hidup baru yang lebih baik.

Untuk mewujudkan Indonesia menjadi negara yang gemilang, pengembangan pemuda menjadi pemimpin masa depan dan aktor utama dalam kemajuan negara harus difokuskan. Para pemuda harus diberikan pendidikan, pelatihan, dan pembekalan nilai-nilai yang kuat agar memiliki kualitas kepemimpinan yang dibutuhkan.

Dalam kesempatan tersebut, Maman Firmansyah menegaskan, jika seluruh komponen bangsa sama-sama berkomitmen, maka Indonesia emas bukanlah sekedar impian belaka. “Mari kita bersatu, membangun jaringan, mendukung satu sama lain dan menjadikan Indonesia sebagai negara yang bangga dengan prestasi dan potensi generasi muda yang gemilang,” pungkasnya.

Turut hadir Ketua Umum IKABNAS Dr. Faizal Hafied, S.H., M.H. dan beberapa narasumber dalam webinar tersebut, yakni Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin, Anggota DPR RI Puteri Anetta Komarudin, Sekretaris IKABNAS M. Abdul Basit, Influencer Aryo Seno Bagaskoro, dan Founder Yayasan Harapan Pemuda Indonesia Laila Nihayati. (SP/BIA)



Hak cipta © 2024 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749