Kepala Biro Humas Settama Lemhannas RI Berikan Pengenalan Lembaga Kepada Peserta Penataran Istri dan Suami PPSA 24

“Jadi berbanggalah kita untuk bisa menjalin hubungan yang bukan hanya TNI POLRI saja, tapi juga dengan ASN,” Kata Kepala Biro Hubungan Masyarakat Sekretariat Utama Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia (Karo Humas Settama Lemhannas RI) Brigjen TNI Suratno, S.I.P saat memberikan pengenalan lembaga kepada para peserta Penataran Istri dan Suami Program Pendidikan Singkatan Angkatan (PPSA) 24 pada Senin (2/10), di Ruang Dwi Warna Purwa, Gedung Pancagatra Lantai 1, Lemhannas RI.

Pada kesempatan tersebut, Suratno menyampaikan Lemhannas RI didirikan oleh presiden pertama Ir. Soekarno pada tgl 20 Mei 1965. Lemhannas RI didirikan karena kedepan pertempuran tidak hanya dilakukan dengan senjata melainkan juga geopolitik.

Selanjutnya, Suratno menjelaskan tugas Lemhannas RI, yakni menyelenggarakan pendidikan penyiapan kader dan pemantapan pimpinan tingkat nasional, menyelenggarakan pengkajian yang bersifat konsepsional dan strategis, dan menyelenggarakan pemantapan nilai-nilai kebangsaan.

Pada program pendidikan Lemhannas RI, terbagi kedalam tiga program, yakni Program Pendidikan Singkat Angkatan (PPSA), Program Pendidikan Reguler Angkatan (PPRA), dan Program Pemantapan Pimpinan Daerah Angkatan (P3DA). Untuk kajian Lemhannas RI terbagi kedalam empat kajian, yakni kajian strategis jangka panjang, kajian strategis jangka menengah, kajian strategis jangka pendek, dan kajian strategis terkini (quick response). Lalu pada Program Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan Lemhannas RI dilaksanakan dalam program pelatihan untuk pelatih, dialog kebangsaan, dan evaluasi dampak.

Mengakhiri paparannya, Suratno menyampaikan setelah lulus pendidikan Lemhannas RI, suami/istri peserta PPSA 24 akan tergabung pada Ikatan Keluarga Alumni Lemhannas (IKAL-Lemhannas). (SP/BIA)



Hak cipta © 2024 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749