PPSA 24 Lemhannas RI Resmi Ditutup

“Hari ini saya melarang teman-teman untuk bermimpi menjadi pemimpin. Hari ini jadilah pemimpin,” seru Gubernur Lemhannas RI Andi Widjajanto saat upacara penutupan Program Pendidikan Singkat Angkatan (PPSA) 24 pada Selasa (10/10), di Ruang Dwiwarna Purwa, Gedung Pancagatra Lantai 1, Lemhannas RI.

Pada kesempatan tersebut, Andi Widjajanto menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Kementerian/Lembaga, Mabes TNI, Mabes POLRI, Organisasi, dan Institusi yang telah memercayakan anggotanya untuk menempa pendidikan kepemimpinan strategis nasional di Lemhannas RI.

Andi Widjajanto berharap kepercayaan tersebut dapat dibuktikan dengan Alumni PPSA 24 menunjukkan kualitas kepemimpinannya dalam tugas-tugas berikutnya. Hal tersebut merupakan investasi yang negara berikan kepada 79 calon pemimpin nasional. 

Andi Widjajanto berpesan agar Alumni PPSA 24 dapat membuktikan bahwa investasi yang sudah dilakukan oleh negara, kepercayaan dari Kementerian/Lembaga, Mabes TNI, Mabes POLRI, Organisasi, dan Institusi kepada Lemhannas RI bisa dibuktikan dengan kerja nyata dalam karir berikutnya.

Pada penyelenggaraan acara tersebut, diumumkan penetapan penerima penghargaan. Penghargaan Predikat Kertas Karya Ilmiah Perseorangan Terbaik (TASKAP) dari setiap unsur (TNI, POLRI, dan ASN/Non ASN) diberikan kepada Brigjen TNI Rudy Saladin, M.A. dari TNI AD, Laksma TNI Haris Bima Bayuseto, S.E., M.Si., M.Tr.Opsla. dari TNI AL, Marsma TNI Bambang Juniar Djatmiko, S.Sos., M.M. dari TNI AU, Irjen Pol Raden Prabowo Argo Yuwono, S.I.K., M.Si. dari POLRI dan Dr. Ian Montratama, S.E., M.E.B., M.Si. (Han) dari ASN/Non ASN.

Penghargaan selanjutnya dengan kategori predikat akademik terbaik dari setiap unsur (TNI, POLRI, dan ASN/Non ASN) diberikan kepada Brigjen TNI Lucky Avianto, S.I.P., M.Si. dari TNI AD, Laksda TNI Agus Hariadi, M.Han. dari TNI AL, Marsma TNI Mochammad Untung Suropati, S.E. dari TNI AU, Brigjen Pol Andik  Setiyono, S.I.K., S.H., M.H. dari POLRI, dan Dr. Ian Montratama, S.E., M.E.B., M.Si. (Han) dari ASN/Non ASN.

Selanjutnya, diberikan juga penghargaan Wibawa Seroja kepada Brigjen Pol Andik Setiyono, S.I.K., S.H., M.H. Penghargaan selanjutnya dengan kategori predikat akademik terbaik diberikan kepada Brigjen Pol Andik  Setiyono, S.I.K., S.H., M.H. dan predikat taskap terbaik diberikan kepada Irjen Pol Raden Prabowo Argo Yuwono, S.I.K., M.Si.

Perlu diketahui bersama, bahwa peserta pendidikan PPSA 24 yang telah lulus akan bergabung dan dilantik sebagai anggota IKAL-Lemhannas. Andi Widjajanto menyampaikan agar para alumni PPSA 24 bisa terus menjaga kekeluargaan dan guyubnya untuk bisa menciptakan interaksi yang berkelanjutan.

Acara dilanjutkan dengan pengukuhan Dewan Pengurus Angkatan (DPA) IKAL-Lemhannas masa bakti tahun 2023-2028 oleh Wakil Ketua Umum II DPP IKAL-Lemhannas Komjen Pol. (Purn) Drs. Togar M. Sianipar, M.Si.

Dalam sambutannya, Komjen Pol. (Purn) Drs. Togar menyampaikan alumni Lemhannas memiliki dua ciri, yakni berwawasan kebangsaan dan berwatak pejuang. Berwawasan kebangsaan, mengandung arti bahwa alumni Lemhannas RI hendaknya selalu berorientasi kepada kepentingan bangsa. Sedangkan berwatak pejuang mengandung arti bahwa alumni Lemhannas RI diharapkan selalu peduli kepada permasalahan kehidupan berbangsa dan bernegara.

Lebih lanjut, memasuki tahun politik, Komjen Pol. (Purn) Drs. Togar berpesan kepada alumni PPSA 24 untuk mampu menjadi katalisator kerukunan dan keutuhan dengan jalan memengaruhi komunitasnya agar memelihara kehidupan yang rukun dan guyub.

Acara diakhiri dengan pemberian selamat oleh Andi Widjajanto beserta jajaran pejabat Lemhannas RI kepada masing-masing alumni PPSA 24. (SP/BIA)



Hak cipta © 2024 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749