Penutupan Pelatihan untuk Pelatih/Training of Trainers (ToT) serta Pembinaan dan Pelaksanaan (Binlaks) Kebangsaan Lemhannas RI Tahun 2023

Setelah resmi dibuka pada tanggal 28 Maret 2023, kegiatan Pelatihan untuk Pelatih/Training of Trainers (ToT) serta Pembinaan dan Pelaksanaan (Binlaks) Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan Lemhannas RI kini resmi ditutup pada Rabu (20/9), di Auditorium Gadjah Mada Lemhannas RI.

Kegiatan ToT yang dilaksanakan secara virtual tersebut terdiri dari 400 peserta dan terbagi menjadi empat angkatan dengan alokasi per angkatan sebanyak 100 peserta dengan lama kegiatan selama delapan hari. Sementara dalam kegiatan Pembinaan dan Pelaksanaan dengan jumlah peserta sebanyak 500 orang yang terbagi menjadi lima angkatan dengan alokasi perangkatan sebanyak 100 peserta dengan lama kegiatan selama tujuh hari. Waktu pelaksanaan berakhir pada 13 September 2023. 

Sekretaris Utama Lemhannas RI Irjen Pol Drs. R.Z. Panca Putra S., M.Si. yang menutup secara resmi kegiatan tersebut, menyampaikan bahwa seluruh rangkaian kegiatan pelatihan yang telah dilaksanakan dimaksud untuk menyegarkan kembali dan memperkuat pemahaman nilai-nilai kebangsaan.

Panca Putra juga menekankan bahwa peserta perlu menyadari sebagai bagian dari proses pembangunan karakter bangsa, pemahaman nilai-nilai kebangsaan yang bersumber dari empat konsensus dasar bangsa, yakni pancasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika merupakan proses panjang dan perlu dilakukan secara terpadu dan berkesinambungan.

“Untuk itu saya yakin, dengan waktu yang relatif singkat, Bapak dan Ibu telah lebih memahami dan menyadari arti pentingnya nilai-nilai kebangsaan bagi terwujudnya kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara yang lebih baik dan demokratis,” kata Panca Putra.

Panca Putra juga berharap para peserta dapat menerapkan wawasan kebangsaan yang kuat, dapat menghadapi dan menyelesaikan berbagai perbedaan dan permasalahan dengan baik dalam rangka menjaga keutuhan NKRI.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Umum Ikatan Keluarga Alumni Kebangasaan Lemhannas (Ikabnas) Dr. Faizal Hafied. S.H., M.H. turut hadir menyampaikan bahwa kepengurusan yang telah dilantik oleh Ketua Umum IKAL Jenderal TNI (Purn) Agum Gumelar, M.Sc. pada 10 September lalu, sedang dalam proses perekrutan kepengurusan nasional yang diharapkan dapat mewakili seluruh komponen yang ada.

Lebih lanjut, Faizal Hafied juga menginformasikan adanya program kerja bersama untuk pusat dan di daerah yang diharapkan nantinya dapat mensosialisasikan kegiatan ini pada profesi terkait di wilayahnya sehingga kerjasama dapat diperluas ke seluruh provinsi Indonesia. (SP/BIA)



Hak cipta © 2024 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749