Lemhannas RI Tandatangani MoU dengan UKP-PIP, UNS dan TVRI

Lemhannas RI menjalin kerjasama dengan Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila (UKP-PIP), Universitas Sebelas Maret (UNS) dan Lembaga Penyiaran Publik Televisi Republik Indonesia (LPP-TVRI) yang ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU). Acara yang digelar di Ruang Nusantara Lemhannas RI pada Rabu (20/12), dihadiri oleh Wakil Presiden RI ke-6 Jenderal TNI (Purn) Try Sutrisno yang juga Dewan Pengarah UKP-PIP.

Direktur Utama LPP-TVRI Helmy Yahya mengatakan bahwa LPP TVRI merupakan lembaga penyiaran publik yang memiliki amanah besar, karena TVRI merupakan televisin publik yang harus netral, independen, tidak komersial dan harus mengutamakan. Tenju saja nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila sangat diutamakan. Melalui kerjasama yang akan dilakukan antara TVRI dengan UKP-PIP dan Lemhannas RI untuk mebuat program-program yang edukatif, informatif, netral dan independen.

“Kami butuh kerjasama lebih lanjut dari semua pihak agar TVRI kembali menjadi seperti masa lalu, dimana berjaya di mata pemirsa Republik Indonesia,” ungkap Helmy Yahya.

Selain itu Rektor UNS Prof. DR. Ravik Karsidi, M.S mengatakan bahwa, melalui kerja sama ini UNS akan melakukan riset ketahanan nasional, khususnya ketahanan sosial budaya. “Sekarang posisi bangsa Indonesia di era globalisasi ini, rentan terhadap kemungkinan akanrusak dan hilangnya ketahanna sosial budaya indonesia khususnya Pancasila,” terangnya.

Ketua UKP-PIP Yudi Latief dalam hal ini mengatakan bahwa peran perguruan tinggi sangat penting. Tidak hanya mengajarkan Pancasila di perguruan tinggi, akan tetapi melakukan riset dan kajian yang memperkuat Pancasila dari pengayaan-pengayaan dimensi teoritik.

Maka dari itu, Gubernur Lemhannas RI Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo berharap melalui kerja sama ini diharapkan terbentuk sinergi antara Lemhannas Ri dengan UKP-PIP,  UNS Surakarta dan LPP TVRI dalam mewujudkan ketahanan nasional. “Selain itu kerjasama ini diharapkan juga dapat memperkuat nilai-nilai  kebangsaan bagi seluruh lapisan masyarakat Indonesia, termasuk sumber daya yang ada di UKP-PIP, UNS Surakarta  serta LPP TVRI, sehingga dapat meningkatkan peran Lemhannas RI, UKP-PIP, LPP TVRI maupun perguruan tinggi bersinergi untuk mencapai tujuan dan cita-cita nasional,” lanjutnya.

Turut hadir dalam acara tersebut Wakil Gubernur Lemhannas RI Marsdya TNI Bagus Puruhito, Sekretaris Utama Komjen Pol Drs. Arief Wachyunadi, para Deputi dan Pejabat Struktural Lemhannas RI.



Hak cipta © 2024 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749