Peringati HUT ke-57 Lemhannas RI, Gubernur Lemhannas RI: Ini Titik Berangkat Kita

Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia (Lemhannas RI) memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-57 pada 20 Mei 2022. Peringatan 57 Tahun Lemhannas RI mengangkat tema “Transformasi Lemhannas RI: Ketahanan Nasional Era Geopolitik 5.0”. Puncak peringatan dilaksanakan bertempat di Lapangan Tengah Lemhannas RI pada Jumat, 20 Mei 2022. Sebelumnya telah dilaksanakan berbagai rangkaian kegiatan seperti bakti sosial, pertandingan olahraga, lomba kebersihan, lomba kearsipan, lomba yel-yel, pemilihan pegawai teladan, lomba menghias tumpeng, coaching session, ziarah kebangsaan ke Blitar, donor darah, orasi ilmiah dan peluncuran 57 buku Lemhannas RI, serta olahraga bersama.

“Ini adalah titik nol kita, titik berangkat kita,” kata Gubernur Lemhannas RI Andi Widjajanto. Pada 20 Mei 1965, Presiden Ir. Soekarno menugaskan Lemhannas RI untuk menjadi sekolah geopolitik yang menyadari pertarungan kekuatan antarnegara di dunia dan di kawasan. Oleh karena itu, Gubernur Lemhannas RI mengingatkan kembali bahwa seluruh pihak di Lemhannas RI harus bergerak sebagai satu keluarga. “Kita menjadi keluarga, kita menjadi guyub, kita mulai kebangkitannya dari diri kita sendiri,” ucap Gubernur Lemhannas RI.

Gubernur Lemhannas RI juga berpendapat bahwa acara olahraga bersama yang diselenggarakan membangun kebersamaan dan mempererat kekeluargaan. “Acara-acara seperti ini penting untuk mempererat kekeluargaan kita,” kata Gubernur Lemhannas RI. Diharapkan kebersamaan dan kekeluargaan yang telah terbangun akan terus berlanjut.

Pada kesempatan yang sama, mengingat Peringatan HUT ke-57 Lemhannas RI bertepatan dengan Hari Kebangkitan Nasional maka Gubernur Lemhannas RI juga menyampaikan tiga butir pernyataan Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate. Pertama, agar selalu mengingat kembali dasar perjuangan. “Kita sekarang sebagai satu bangsa dan satu negara yang memegang teguh komitmen kepada NKRI,” kata Gubernur Lemhannas RI.

Kedua, bahwa Indonesia sudah berada di titik yang lebih terang tentang pandemi. “Kita bersama-sama sudah bisa pulih dari pandemi Covid-19 dan tentunya ini juga terjadi dalam sektor-sektor ekonomi yang terlihat mulai menggeliat,” ujar Gubernur Lemhannas RI. Ketiga, yakni KTT G20 yang tahun ini diselenggarakan di Indonesia dan hal tersebut sangat menguntungkan. “Bapak Menkominfo meminta kita mengawal proses G20 sehingga indonesia bisa berkontribusi untuk tumbuh bersama-sama, untuk pulih bersama-sama, sebagai salah satu bagian dari negara-negara di dunia,” tutur Gubernur Lemhannas RI.



Hak cipta © 2022 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749