Gubernur Lemhannas RI Menerima Audiensi PPAD

Ketua Umum Persatuan Purnawirawan TNI-AD (PPAD) Letjen TNI (Purn) Dr. (H.C.) Doni Monardo didampingi oleh Ketua Bidang Pengkajian PPAD Letjen TNI (Purn) Dr. Yoedhi Swastanto, M.B.A. datang beraudiensi ke Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia (Lemhannas RI). Audiensi tersebut diterima langsung oleh Gubernur Lemhannas RI Andi Widjajanto bertempat di Ruang Tamu Gubernur Lemhannas RI pada Selasa, 19 April 2022.

Pada kesempatan tersebut, Ketua Umum PPAD menyampaikan ucapan selamat atas dilantiknya Gubernur Lemhannas RI Andi Widjajanto. Lebih lanjut, Ketua PPAD mengundang Gubernur Lemhannas RI untuk bersilahturahmi ke Kantor PPAD guna melakukan diskusi dan bertukar pandangan. “Mungkin salah satu hal yang bisa dikolaborasikan adalah kajian antara PPAD dengan Lemhannas RI,” ujar Ketua Umum PPAD.

“Sebuah kehormatan kalau saya nanti bisa berkunjung ke PPAD sekaligus bisa menjelaskan proses transformasi yang sedang kami lakukan dan kajian yang kami lakukan dalam 3 tahun ke depan,” kata Gubernur Lemhannas RI. Lebih lanjut, Gubernur Lemhannas RI menyampaikan bahwa dalam beberapa waktu ke depan ada lima isu strategis yang akan menjadi fokus Lemhannas RI, yakni Ekonomi Hijau, Ekonomi Biru, Ketahanan IKN, Transformasi Digital, dan Konsolidasi Demokrasi.

Gubernur Lemhannas RI juga menyambut baik jika PPAD bisa tetap berinteraksi dengan Lemhannas RI. Menurut Gubernur Lemhannas RI, salah satu yang dapat dikolaborasikan adalah dengan bertukar pikiran mengenai geopolitik di masa perang generasi 5 karena kekhawatiran yang muncul adalah akan muncul era dimana teknologi membunuh geografi.

“Tantangannya kalau kira-kira Indonesia itu menggambar peta geopolitik maka akan seperti apa? Kita tidak punya proyeksi geopolitik itu, harus seperti apa kita melakukan proyeksi geopolitik,” pungkas Gubernur Lemhannas RI. Oleh karena itu, Lemhannas RI butuh pembelajaran dan pengalaman serta berkolaborasi dengan banyak pihak. (NA/CHP)



Hak cipta © 2024 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749