Gubernur Lemhannas RI Menerima Audiensi Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia

Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia (Lemhannas RI) Andi Widjajanto menerima audiensi dari Ketua Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Dr. H. Nanang Mubarok bertempat di Ruang Tamu Gubernur pada Senin, 11 April 2022. Ketua BKPRMI hadir didampingi oleh Wakil Ketua BKPRMI H. Gunawan HS, Sekretaris Jenderal BKPRMI Haryani Sudarko, Wakil Sekretaris Jenderal BKPRMI Dr. Nanang Jaidin, Bendahara Umum BKPRMI Neneng Anita, dan Unsur Brigade Masjid BKPRMI Yuri Hermawan.

Dalam audiensi tersebut, Ketua Umum BKPRMI menyampaikan bahwa BKPRMI telah berdiri sejak 3 September 1977. Hingga saat ini setidaknya ada 7 program utama yang dilaksanakan BKPRMI. Pertama adalah Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Taman Kanak-kanak Al-Quran (LPPTKA), dari LPPTKA setiap tahunnya 1 juta hingga 1,5 juta siswa diwisuda.

Kedua, yakni bidang Sumber Daya Manusia, Peningkatan Kapasitas, dan Kompetensi Pemuda Remaja Masjid. Dalam program kedua, BKPRMI melaksanakan pendidikan dan pelatihan mulai dari tingkat Kabupaten/Kota, Provinsi, sampai Nasional. Diklat tersebut diikuti oleh pengurus BKPRMI. Terkait pendidikan dan pelatihan tingkat nasional, diharapkan Gubernur Lemhannas RI berkenan untuk menghadiri Pembukaan Pendidikan dan Pelatihan Nasional yang diselenggarakan BKPRMI.

Ketiga, yaitu bidang Ekonomi dan Kewirausahaan. Keempat, bidang Lembaga Bantuan Hukum dan Advokasi. Kelima, bidang Pengembangan Kesehatan Masyarakat. Keenam, bidang Keluarga Sakinah. Ketujuh, bidang Brigade Masjid yang akan membantu teknis operasional agenda kebiatan BKPRMI. “Jadi dari anak-anak, remaja, keluarga, serta mengkoordinasikan remaja masjid yang di sekolah-sekolah juga,” ujar Ketua Umum BKPRMI.

Lebih lanjut, Ketua Umum BKPRMI menyampaikan harapan dapat berkolaborasi dengan Lemhannas RI guna menyosialisasikan wawasan kebangsaan, cinta tanah air, dan bagaimana seharusnya peran dan fungsi Pemuda Masjid dalam membantu bangsa dan negara, khususnya dalam pertahanan dan keamanan. “Kami mohon berkenan diberikan wawasan secara nasional, regional, dan global sehingga kami dapat turut serta,” tutur Ketua Umum BKPRMI.

Gubernur Lemhannas RI menyambut baik audiensi tersebut. Lebih lanjut, Gubernur Lemhannas RI mengarahkan pihak BKPRMI untuk berkoordinasi dengan Deputi Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan. Menurut Gubernur Lemhannas RI, niat BKPRMI sejalan dengan tugas dan fungsi Lemhannas RI, yakni melakukan Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan. “Terima kasih atas kedatangannya, kami sangat menyambut baik kolaborasinya. Saya yakin bahwa BKPRMI ini pasti ke depan akan menjadi salah satu pilar bagi kebangsaan kita,” pungkas Gubernur Lemhannas RI.

Hadir dalam audiensi tersebut Deputi Bidang Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan Lemhannas RI Laksda TNI Prasetya Nugraha, S.T., M.Sc., Kepala Biro Kerja Sama dan Hukum Lemhannas RI Brigjen TNI (Mar) Purwadi, M.Tr (Han). dan Kepala Biro Humas Lemhannas RI Brigjen TNI A. Yudi Hartono, S.Sos., M.M., M.Han. (NA/CHP)



Hak cipta © 2024 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749