Sosialisasi Penerimaan Calon Peserta PPRA 65 Tahun Akademik 2023 dari Negara Sahabat

Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia (Lemhannas RI) melalui Biro Kerja Sama dan Hukum menyelenggarakan Sosialisasi Penerimaan Calon Peserta Program Pendidikan Reguler Angkatan (PPRA) 65 Lemhannas RI dari Negara Sahabat untuk Tahun Akademik 2023. Kegiatan tersebut dilaksanakan secara virtual pada Rabu, 6 April 2022. Hadir dalam sosialisasi tersebut 15 perwakilan negara sahabat dan 10 perwakilan dari intansi lainnya.

“Sebagai dampak dari pandemi Covid-19, kami tidak melakukan penerimaan peserta internasional untuk program PPRA dalam dua tahun terakhir,” kata Kepala Biro Kerja Sama dan Hukum Lemhannas RI Brigjen TNI (Mar) Purwadi, M.Tr (Han). Diharapkan situasi akan segera membaik dan dapat kembali normal sehingga peserta dari negara sahabat dapat kembali bergabung pada PPRA 65 Tahun Akademik 2023.

Salah satu sasaran penerimaan calon peserta dari negara sahabat dalam PPRA 65 Lemhannas RI adalah untuk memperkuat hubungan kerja sama antara Indonesia dan negara-negara di kawasan, serta dengan negara-negara di belahan dunia lainnya. Sejauh ini, negara-negara yang telah mengirim perwakilan mereka untuk mengikuti program pendidikan di Lemhannas RI masih didominasi oleh peserta dari negara Asia Tenggara, Asia Selatan, Afrika, Timur Tengah, dan Kepulauan Pasifik. “Kami juga memberikan kesempatan kepada negara-negara lain yang belum pernah mengirimkan perwakilan mereka untuk mengikuti pendidikan di Lemhannas RI,” pungkas Kepala Biro Kerja Sama dan Hukum Lemhannas RI.

Melalui sosialisasi tersebut disampaikan informasi atau hal-hal relevan yang terkait dengan proses penerimaan, yang dijelaskan oleh Plt. Kepala Bagian Kerja Sama Luar Negeri Kolonel Sus. Ratih Pusparini. Lebih lanjut, Kolonel Sus. Ratih Pusparini menyampaikan kurikulum dan proses PPRA 65. Para peserta PPRA 65 dari negara sahabat akan mendapatkan kursus Bahasa Indonesia, mengikuti pengenalan budaya lokal, dan pre-course terlebih dahulu sebelum mengikuti PPRA 65.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Biro Kerja Sama dan Hukum Lemhannas RI juga mengingatkan agar para calon peserta menyiapkan segala sesuatunya terkait dengan penominasian dan kelengkapan persyaratan calon peserta PPRA 65. Beberapa persyaratan yang harus disiapkan diantaranya adalah hasil tes kesehatan, paspor, dan hasil tes Toefl. (NA/CHP)



Hak cipta © 2024 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749