Courtesy Call Lemhannas RI dengan Tim Boeing Defense, Space & Security

Gubernur Lemhannas RI Andi Widjajanto melaksanakan Courtesy Call dengan Tim Boeing Defense, Space & Security (BDS) bertempat di Ruang Nusantara II Lemhannas RI, pada Kamis, 31 Maret 2022. Pertemuan tersebut dilakukan untuk menerima penyampaian kinerja BDS dalam memperbarui pasukan pertahanan Indonesia.

 

Gubernur Andi mengawali pembicaraan dengan menyampaikan bahwa tiga tahun ke depan Lemhannas RI akan berfokus pada lima isu strategis. Kelima isu tersebut yaitu ekonomi hijau, ekonomi biru, transformasi digital, ketahanan ibu kota negara baru, dan konsolidasi demokrasi. "Inilah kelima area kajian yang akan menjadi fokus Lemhannas selama tiga tahun ke depan. Kami kemudian akan menyajikan hasilnya kepada presiden dalam bentuk usulan kebijakan," kata Gubernur.

 

Gubernur juga menyampaikan harapannya, yakni agar Lemhannas RI dapat berkolaborasi dengan BDS mengenai isu-isu strategis tersebut. "Jika kemudian kita dapat bekerja sama pada kelima isu atau sebagian dari antaranya, terutama pada transformasi digital, maka kami akan sangat berterima kasih," ungkap Gubernur Andi.

 

Berbicara tentang pertahanan, Gubernur Andi memberikan tanggapannya mengenai kondisi industri pertahanan Indonesia khususnya dalam hal pengadaan pesawat tempur. Gubernur beranggapan menjadi bagian dari rantai pasokan dunia adalah alternatif terbaik saat ini sebab Indonesia belum mampu memproduksi alutsista secara mandiri. "Idealnya strategi industri pertahanan Indonesia adalah autarki namun butuh waktu sekitar 30 tahun untuk mencapai keadaan itu. Oleh karena itu, menjadi bagian dari rantai pasokan global adalah alternatif terbaik saat ini," tutur Gubernur.

 

Tim BDS yang melakukan kunjungan ke Lemhannas RI yaitu Global Sales and Marketing Director of Southeast Asia for BDS Yeong Tae Pak, Vice President for Business Development for Bombers, Fighters Mobility, Surveillane, and Phantom Works Fixed Wing Steven M. Shepro, Director of Boeing Global Services Edward V. Thompson, Senior Manager for Israel, Indonesia, and Korea in the International Strategic Partnerships organization Ian R. Smith, serta pendamping dari PT Auvia Gaya Perkasa Ariscynata Putra I.

 

Gubernur Andi menerima kunjungan Tim BDS didampingi Wakil Gubernur Marsdya TNI Wieko Syofyan, Deputi Pengkajian Strategik Lemhannas RI Prof. Dr. Ir. Reni Mayerni, M.P., Deputi Kebangsaan Lemhannas RI Laksda TNI Prasetya Nugraha, S.T., M.Sc., Dirprogbangdik  Debiddikpimkatnas Lemhannas RI Marsma TNI Andi Wijaya, Kepala Biro Kerja  sama dan Hukum Settama Lemhannas RI Brigjen TNI (Mar) Purwadi, M.Tr (Han).,  dan Kepala Biro Humas Settama Lemhannas RI Brigjen TNI A. Yudi Hartono, S.Sos., M.M., M.Han. (CL/CHP)



Hak cipta © 2024 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749