Perilaku Alumni Lemhannas RI Diharapkan Mencerminkan Komitmen yang Konsisten atas Empat Konsensus Dasar Bangsa

“Kita harapkan bahwa para pelatih itu nantinya akan bertindak sebagai agen pelaksana pembentukan perubahan,” kata Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia (Lemhannas RI) Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo. Hal tersebut disampaikan Gubernur Lemhannas RI saat memberikan Pengantar Pimpinan kepada Peserta Pelatihan Untuk Pelatih/Training of Trainers Lemhannas RI pada Selasa (16/11).

Berhadapan dengan pelatih yang terdiri dari tenaga pendidik dan pengajar, Gubernur Lemhannas RI menekankan bahwa fungsi pelatih adalah mengubah peserta didik yang tadinya belum memahami atau masih lemah memahami, menjadi memahami nilai-nilai wawasan kebangsaan dan menjadi agen nilai-nilai wawasan kebangsaan. Selain itu, pelatih juga memiliki fungsi untuk mentransformasikan inti dari 4 (empat) Konsensus Dasar Kebangsaan kepada peserta didik masing-masing.

Gubernur Lemhannas RI juga mengingatkan para pelatih bahwa sebagai hasil mengikuti Pelatihan Untuk Pelatih/Training of Trainers Lemhannas RI, pada tingkat pendidikan apapun yang dilatihkan, metode yang dilaksanakan saat ini harus bersifat lebih berpusat kepada peserta pendidikan. “Para pelatih dan pengajar nantinya akan melaksanakan tugasnya untuk membekali peserta didik dengan metodologi yang berpusat kepada peserta,” kata Gubernur Lemhannas RI.

Menurut Gubernur Lemhannas RI, tata cara konvensional di mana peserta ditempatkan pada peran pasif sudah harus mulai ditinggalkan. Dewasa kini, peserta harus ditempatkan pada peran aktif untuk turut serta berpikir dan para peserta didik dilatih untuk bisa mempunyai kemampuan untuk berpikir dan mengadakan analisis kritis. “Berpikir kritis adalah termasuk fondasi yang Lemhannas RI gunakan untuk memberikan pembekalan kepada para peserta didik,” ujar Gubernur Lemhannas RI.

Pada kesempatan tersebut, Gubernur Lemhannas RI juga menyampaikan harapan kepada para pelatih yang mengikuti Pelatihan Untuk Pelatih/Training of Trainers Lemhannas RI agar nantinya saat selesai mengikuti kegiatan dapat mencerminkan komitmen yang konsisten atas 4 (empat) Konsensus Dasar Bangsa. “Kita inginkan perilaku (alumni Lemhannas RI) mencerminkan komitmen yang konsisten atas Empat Konsensus Dasar Bangsa,” tutur Gubernur Lemhannas RI.

Para pelatih yang nantinya akan menjadi alumni diharapkan tidak hanya mampu menghafal atau mengucapkan pengertian dengan lancar tanpa memahami, namun diharapkan dapat mencerminkan komitmen dan kompetensi terhadap 4 (empat)  Konsensus Dasar Bangsa dalam bentuk perilaku sehari-hari.

Dalam Pancasila, para alumni diharapkan memiliki kompetensi andal dari komitmen untuk memegang teguh ideologi bangsa Pancasila dan berkomitmen mengimplementasikannya. Kemudian dalam UUD 1945, diharapkan para alumni memiliki komitmen untuk senantiasa berpegang teguh menerapkan pasal-pasal yang terkandung dalam konstitusi negara Republik Indonesia. Selanjutnya dalam NKRI, alumni diharapkan memiliki kompetensi dan komitmen mengutamakan kepentingan nasional, bangsa, dan negara dengan menjaga keutuhan dan kesatuan wilayah. Sejalan dengan ketiga Konsensus Dasar Bangsa yang lainnya, dalam Bhinneka Tunggal Ika diharapkan para alumni memiliki kompetensi dan komitmen untuk senantiasa menghargai dan menghormati perbedaan ragam budaya, agama, etnik, bahasa dan golongan.

Kegiatan Pelatihan Untuk Pelatih/Training of Trainers Lemhannas RI ini merupakan salah satu dari 4 (empat) angkatan yang sebelumnya telah dibuka secara resmi pada tanggal 8 Juni 2021.



Hak cipta © 2022 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749