Komitmen Bersama Antara Lemhannas RI dan APINDO Dituangkan dalam Nota Kesepahaman

Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia (Lemhannas RI) menandatangani Nota Kesepahaman dengan Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) pada Selasa (16/11). Ditandatangani langsung oleh Gubernur Lemhannas RI Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo dan Ketua Umum APINDO Hariyadi B. Sukamdani, nota kesepahaman tersebut merupakan nota kesepahaman pertama yang terjalin antara Lemhannas RI dan APINDO.

Kerja sama tersebut melingkupi peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia melalui pendidikan dan pelatihan, pertukaran tenaga ahli, pemantapan nilai-nilai kebangsaan, tukar menukar informasi, serta pelaksanaan pengkajian.

“Kerja sama ini merupakan suatu komitmen bersama, baik APINDO dan Lemhannas RI, dalam bersinergi dengan membuat program-program kegiatan bersama,” kata Gubernur Lemhannas RI. Lebih lanjut, Gubernur Lemhannas RI menekankan bahwa program-program kegiatan bersama antara Lemhannas RI dan APINDO akan sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing namun tetap bertujuan untuk dapat mendukung kemajuan bangsa.

Pada kesempatan tersebut, Gubernur Lemhannas RI menyampaikan bahwa tantangan dari penandatanganan nota kesepahaman tersebut adalah tindak lanjut dari kedua belah pihak dalam menghasilkan produk yang konkret. Gubernur Lemhannas RI mengingatkan bahwa dalam kerja sama tersebut dibutuhkan keseimbangan dari kedua belah pihak dalam mendayagunakan inti (core) dari masing-masing pihak, jangan sampai berat di salah satu pihak karena kedua belah pihak memiliki potensi masing-masing. “Masing-masing mempunyai potensi yang besar untuk bisa bersinergi guna memberikan sumbangan bagi pembangunan bangsa,” ujar Gubernur Lemhannas RI.

“Diharapkan kerja sama ini akan memperkuat ketahanan nasional kita secara maksimal,” kata Ketua Umum APINDO. Menurut Ketua Umum APINDO, kerja sama tersebut akan menjadi salah satu landasan yang kuat bagi APINDO dalam berpartisipasi membangun ekonomi Indonesia dengan asas ideologi dan asas negara kesatuan serta komitmen untuk membangun Indonesia menjadi lebih unggul, lebih bermartabat, dan lebih berdaulat.

Ketua Umum APINDO memandang pentingnya ideologi dalam pertumbuhan ekonomi. Menurut Ketua Umum APINDO, pertumbuhan ekonomi yang tanpa dilandasi ideologi dapat dikhawatirkan hanya akan memberikan keuntungan kepada pihak-pihak terbatas. Sedangkan pertumbuhan ekonomi yang didasarkan pada ideologi akan mengantarkan bangsa Indonesia menuju gerbang kesejahteraan, kemakmuran, dan keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia.

Dengan adanya kerja sama antara Lemhannas RI dan APINDO, Ketua Umum APINDO optimis akan dihasilkan para kader dan profesional yang memahami apa yang harus dilakukan untuk membesarkan, melestarikan, dan mengisi pembangunan. “Dengan nilai-nilai ideologi yang telah kita jaga bersama, pertumbuhan yang berdaya saing dan pertumbuhan yang mempunyai nilai tambah akan terwujud dengan baik,” kata Ketua Umum APINDO.

Turut hadir dalam penandatanganan nota kesepahaman tersebut Wakil Ketua Umum APINDO Suryadi Sasmita, Sekretaris Umum APINDO Eddy Hussy, Ketua Bidang Organisasi, Keanggotaan dan Pemberdayaan Daerah APINDO Adi Machfud, Ketua Bidang UMKM IKM APINDO Ronald Walla, Pengurus Bidang UMKM IKM APINDO Arief Budiman, Office Manager Sekretariat APINDO Iwan Zulkarnain, serta Sekretaris Sekretariat APINDO Ani Sulistyowati.

Sedangkan pejabat Lemhannas RI yang juga hadir adalah Wakil Gubernur Lemhannas RI Marsdya TNI Wieko Syofyan, Sekretaris Utama Lemhannas RI Komjen Pol. Drs. Purwadi Arianto, M.Si., Deputi Bidang Pengkajian Strategik Lemhannas RI Prof. Dr. Ir. Reni Mayerni, M.P, Kepala Biro Kerja Sama dan Hukum Laksma TNI Sri Widodo, S.T., CHRMP., serta Kepala Biro Hubungan Masyarakat Lemhannas RI Brigjen TNI A. Yudi Hartono, S.Sos., M.Han.



Hak cipta © 2021 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749