85 Anggota DPRD Seluruh Indonesia Ikuti Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan

Gubernur Lemhannas RI Letjen TNI (Purn)  Agus Widjojo membuka kegiatan Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan bagi Pemimpin dan Anggota DPRD Kabupaten Kota Seluruh Indonesia Angkatan II,  Rabu (2/5) pagi di ruang Pancasila Gd. Trigatra Lemhannas RI.

 

Kegiatan ini diikuti oleh 85 orang peserta yang terdiri dari para Ketua, Wakil Ketua, dan Anggota DPRD Banjarmasin, Lanny Jaya, Tanah Laut, Karangasem, Sidoarjo, Langsa, Mamuju Utara, dan Polman, serta tak ketinggalan satu orang Wakil Walikota Langsa dan anggota HIPMI. Selama enam hari (2 - 8 Mei 2018) para peserta akan mengikuti pelatihan pemantapan nilai-nilai kebangsaan yang bersumber dari empat konsensus dasar kebangsaan yakni Pancasila, UUD Tahun 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika, dan ditutup dengan kegiatan outbound di Paspamres Group C Bogor.

 

Dalam Sambutannya Agus Widjojo berpesan kepada para peserta agar dapat memanfaatkan kegiatan ini sebagai momentum perenungan dan introspeksi diri terhadap kualitas wawasan kebangsaan, sebagai cerminan kesadaran atas pentingnya nilai-nilai luhur yang dimiliki bangsa Indonesia untuk selalu dijaga bersama.

 

"Hal ini menjadi penting mengingat tantangan yang saudara-saudara hadapi sebagai wakil rakyat dan pejabat daerah, dalam mewujudkan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara yang lebih demokratis dan sejahtera dirasakan semakin berat dan beragam, " ujarnya.  

 

Agus Widjojo juga sempat menyinggung terkait penyelenggaraan pesta demokrasi serentak yang sudah di depan mata, para peserta diingatkan untuk terus mewaspadai dan mengantisipasi timbulnya masalah-masalah yang terkait dengan Pilkada 2018 mendatang.

 

"Kita harus memahami bahwa kestabilan sosial politik akan sangat mempengaruhi pembangunan daerah bahkan nasional, saudara sebagai wakil rakyat dan pemimpin di daerahnya harus mampu menjaga kestabilan politik di daerahnya masing-masing," katanya.  

 

Anggota DPRD dipandang sebagai barisan terdepan dalam mencapai tujuan nasional, serta dalam praktiknya menjadi bagian integral dan langsung berhubungan dengan kepentingan masyarakat luas. Pengetahuan nilai-nilai kebangsaan sangat penting untuk dimiliki oleh wakil rakyat dalam menciptakan rasa aman dan tentram di tengah-tengah masyarakat serta menjadi pendorong masyarakat untuk selalu mengedepankan tujuan bangsa Indonesia.  

 

Sedangkan Ketua Umum Asosiasi DPRD Kabupaten Seluruh Indonesia (Adkasi) Lukman Said menyampaikan bahwa penyelenggaraan Taplai di Lemhannas RI memiliki manfaat yang besar bagi para anggotanya, oleh karenanya Ia berharap agar pemerintah menyusun regulasi bagi setiap anggota DPRD untuk wajib mengikuti pendidikan di Lemhannas RI terlebih dahulu sebelum menduduki jabatan.

 

"Kedepannya kami menginginkan, sebelum politisi atau pejabat daripada melaksakanakan tugasnya pasca pemilu,  yang pertama dilakukan adalah mengikuti pendidikan di Lemhannas RI.  Kegiatan taplai sungguh bermanfaat bagi kita semua, karena saya sudah sampaikan saat pertemuan dengan Presiden dan Mendagri untuk mendukung kesuksesan penyelenggaraan negara, para anggota DPRD harus mengikuti pendidikan di Lemhannas," ujarnya. 



Hak cipta © 2024 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749