Gubernur Lemhannas RI Berikan Pembekalan Kepada Penataran Istri/Suami Peserta PPRA 62

Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia (Lemhannas RI) menyelenggarakan Penataran Istri/Suami Peserta Program Pendidikan Reguler Angkatan (PPRA) 62 menjelang berakhirnya PPRA 62 Lemhannas RI. Dalam pembekalannya, Gubernur Lemhannas RI Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo menjelaskan tentang peran Istri/Suami sebagai pendamping yang akan turut mempengaruhi keberhasilan para lulusan PPRA 62 Lemhannas RI.

“Keluarga mempunyai peran yang sangat penting untuk ikut mempengaruhi warna dan karakter masyarakat,” kata Agus, Selasa (24/8). Oleh karena itu, dalam hakikat hidup berkeluarga ada sebuah unit kesatuan yang juga menjadi tugas bagi pendamping untuk mempertahankan budaya dan meningkatkan perkembangan fisik, mental emosional, serta sosial dari tiap anggota keluarga.

Agus Widjojo juga menjelaskan tentang peran Istri/Suami sebagai pendamping. Peran Istri/Suami akan mempengaruhi dan menentukan keberhasilan para peserta PPRA 62 menjadi pimpinan tingkat nasional berkarakter kebangsaan yang kuat, amanah, dan mengutamakan kepentingan bangsa. Hal tersebut dikarenakan para Istri/Suami berperan sebagai motivator, inspirator, dan wadah dalam menyelesaikan dinamika persoalan yang terjadi.

Lebih lanjut, Agus menjelaskan bahwa peran pendamping pemimpin dalam kehidupan berbangsa dan bernegara memerlukan satu kesatuan cara pandang calon pimpinan terhadap jati diri bangsa dengan wilayah yang terdiri dari beribu-ribu pulau di dalam bingkai NKRI serta pentingnya partisipasi aktif dalam menyukseskan program pembangunan terkait peluang bonus demografi. Agus juga menegaskan bahwa para pendamping Istri/Suami PPRA 62 harus saling mendukung satu sama lain.

Gubernur Lemhannas RI berharap ketika lulus, setiap peserta PPRA 62 mempunyai jabatan, peran, atau kewenangan dalam sebuah organisasi dan setiap organisasi mematuhi semua ketentuan dan konstitusi perundang-undangan yang mengikat.

Penataran tersebut dilaksanakan selama enam hari dimulai Senin, 23 Agustus 2021 sampai dengan Senin, 30 Agustus 2021 dan diikuti oleh 76 orang Istri/Suami peserta PPRA 62, yang terdiri dari 71 orang istri dan 5 orang suami.



Hak cipta © 2024 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749