Gubernur Lemhannas Tekankan Netralitas Lemhannas dan Segera Siapkan Transisi Kepemimpinan

Press Release

Nomor  : PR/56/X/2023

Tanggal: 16 Oktober 2023

Jakarta- Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia (Lemhannas RI) Andi Widjajanto telah menyatakan untuk mengundurkan diri dari jabatannya. Keputusan ini disampaikan dalam Pengarahan Gubernur Lemhannas RI pada Senin (16/10), di Ruang Auditorium Gadjah Mada, Lemhannas RI.

 

Gubernur Andi, yang memimpin Lemhannas RI sejak tahun 2022, saat ini sedang menyiapkan transisi kepemimpinan Lemhannas RI secara cepat.  Dalam pengarahan tersebut, dirinya menekankan pentingnya etika dalam mengambil keputusan, mengingat Lemhannas merupakan lembaga pendidikan tertinggi dalam menyiapkan calon-calon pemimpin nasional.

 

Berdasarkan etika untuk memutuskan itu, Gubernur Andi akan menyiapkan transisinya sampai ada formalitas resmi ke Komisi Pemilihan Umum.

 

"Transisi itu adalah pada saat Tim Pemenangan Nasional didaftarkan ke KPU, saya mengundurkan diri sebagai Gubernur Lemhannas. Prosesnya akan diserahkan sepenuhnya kepada Bapak Presiden melalui Menteri Sekretaris Negara," tegasnya.

 

Gubernur Andi menjelaskan bahwa satu-satunya alasan di balik pengunduran dirinya adalah untuk menjaga netralitas Lemhannas RI dan memastikan lembaga ini tidak terlibat dalam politik praktis. Dengan langkah ini, diharapkan Lemhannas RI dapat terus melaksanakan tugasnya dengan baik.

 

"Jadi hari ini, Saya memberi tugas kepada Wakil Gubernur dan Sekretaris Utama untuk memastikan netralitas itu, memastikan tidak ada satu pun TNI dan Polri aktif serta ASN di Lemhannas yang berpolitik praktis," kata Gubernur Andi.

 

Pengarahan tersebut dihadiri oleh seluruh pejabat dan personil Lemhannas RI, termasuk Wakil Gubernur Lemhannas RI Laksdya TNI Maman Firmansyah, Sekretaris Utama Lemhannas RI Komjen Pol R. Z. Panca Putra S., M.Si., para Deputi, Tenaga Ahli Pengkaji, Tenaga Ahli Pengajar, Tenaga Profesional, pejabat struktural dan fungsional Lemhannas RI.

 

Kepala Biro Humas Settama Lemhannas RI

Brigadir Jenderal TNI Suratno, S.I.P.

 

Narahubung: Maulida (0822 2912 5536)

Caption Foto: Gubernur Lemhannas RI saat memberikan pengarahan di Ruang Auditorium Gadjah Mada

Biro Humas Lemhannas RI

Jalan Medan Merdeka Selatan 10, Jakarta 10110

Telp. 021-3832108/09

http://www.lemhannas.go.id

Instagram: @lemhannas_ri

Facebook: lembagaketahanannasionalri

Twitter: @LemhannasRI

TikTok: @lemhannas_ri



Hak cipta © 2024 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749