Peserta PPRA 63 Laksanakan Studi Lapangan Isu Strategis Nasional (SLISN) di Provinsi Kalimantan Barat

Press Release

Nomor  : PR/  26  / VI /2022

Tanggal:  15   Juni 2022

Peserta Program Pendidikan Reguler Angkatan (PPRA) 63 mengikuti kegiatan Studi Lapangan Isu Strategis Nasional (SLISN) di Provinsi Kalimantan Barat selama lima hari, yaitu 13 sampai 17 Juni 2022. “SLISN merupakan pembekalan bagi peserta PPRA berupa pengalaman studi lapangan secara langsung,” kata Sekretaris Utama, Komjen Pol Drs. Purwadi Arianto, M.Si.

Sekretaris Utama Lemhannas RI juga menyampaikan bahwa melalui kegiatan SLISN ini, para peserta akan mendapatkan pengalaman melaksanakan studi lapangan berkaitan dengan kebenaran isu-isu strategis yang sedang berkembang dan kebijakan publik terhadap objek vital nasional. Selain itu, peserta juga akan dapat menganalisis potensi budaya dan produk unggulan di daerah.

“Peserta akan melaksanakan diskusi panel, audiensi, Focus Group Discussion, dan peninjauan secara langsung sesuai topik permasalahan yang dipilih dengan melakukan peninjauan langsung ke daerah, tokoh, dan para pemangku kepentingan lainnya, serta objek dan produk unggulan dari Kalimantan Barat,” kata Komjen Pol Drs. Purwadi Arianto, M.Si.

Selain itu kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas peserta PPRA 63 Lemhannas RI selaku kader dan pimpinan tingkat nasional yang senantiasa berfikir komprehensif, holistik dan integratif dalam memahami isu-isu strategis yang sedang berkembang.

Dalam kegiatan FGD yang dilaksanakan pada Selasa, 14 Juni 2022, para peserta mendapatkan pemaparan dari Gubernur Kalimantan Barat H. Sutarmidji , Pangdam XII Tanjungpura Mayjen TNI Sulaiman Agusto, Kapolda Kalimantan Barat Irjen. Pol. Drs. Suryanbodo Asmoro, M.M.. Selain itu, terdapat pemaparan dari Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, PT. Well Harvest Manning (WHW), serta PT. Pelindo.

Adapun obyek kunjungan SLISN di Provinsi Kalimantan Barat yaitu Kantor Gubernur Pemda Provinsi Kalimantan Barat, Kantor Kodam XII/Tanjungpura, Polda Kalimantan Barat, Pelabuhan Kijing Mempawa, Tugu Khatulistiwa, Desa Mandiri Parit Baru, Penangkaran Ikan Arwana, Rumah Radang dan galeri hasil hutan bukan kayu.

Turut mendampingi rombongan, yaitu Deputi Pendidikan Pimpinan Tingkat Nasional Lemhannas RI Mayjen TNI Sugeng Santoso, S.I.P selaku penanggung jawab, Tenaga Ahli Pengajar Bidang Hankam Lemhannas RI Laksda TNI Budi Setiawan, S.T., M.Tr. Opsla. selaku pimpinan rombongan, dan Tenaga Profesional Bidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Lemhannas RI Marsda TNI (Purn) Baskoro Alrianto, M.Sc selaku tenaga ahli.

Peserta PPRA 63 pada tahun 2022 ini melaksanakan kegiatan SLISN di empat provinsi yaitu Kalimantan Utara, Bali, Kalimantan Barat, dan Kalimantan Tengah.

Narahubung: Maulida (082229125536) / Endah (081316072186)

Caption Foto: Peserta PPRA 63 Laksanakan Studi Lapangan Isu Strategis Nasional (SLISN) di Provinsi Kalimantan Barat

Biro Humas Lemhannas RI

Jalan Medan Merdeka Selatan 10, Jakarta 10110

Telp. 021-3832108/09

http://www.lemhannas.go.id

Instagram : @lemhannas_ri

Facebook : lembagaketahanannasionalri

Twitter : @LemhannasRI



Hak cipta © 2024 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749